Mohon tunggu...
Bledhek
Bledhek Mohon Tunggu... Operator - ____________

Pengkhayal LEPAS

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Botok Beluntas Tiga Serangkai, Nikmatnya hingga Ujung Kepala! Khasiatnya Jangan Ditanya

8 Februari 2021   14:26 Diperbarui: 8 Februari 2021   14:30 929
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri, botok daun beluntas tiga serangkai


Iseng-iseng setelah reda hujan pagi kemarin jalan-jalan keliling desa. Jalan bersih dari debu. Eh ternyata ketemu pohon beluntas di ujung jalan desa. Tumbuh di pinggir jalan. Tak ada yang punya pastinya.

Daun beluntasnya segar banget. Maklum habis hujan jadi tak ada debu yang menempel di daun mudanya. Bersih, hijau ranum. Aku sangat tergoda.

Begitu stop, satu persatu pucuk daun beluntas tersebut aku petik. Eh ternyata ada orang lewat, nanya, "Buat apa mbah? Kambingnya sudah babaran belum?"

Ampun! Aku dipanggil mbah. Edan tenan. Lah masio sudah putih semua rambutku kan belum tua-tua banget juga. Yang manggil malah kayanya dari segi usia lebih tua dia. Atau bisa jadi selisihnya pun tak jauh-jauh beda.

Orang itu penduduk baru mungkin jadi tak mengenal diriku. Aku pun baru melihatnya kali ini.

Lah, namanya aku kan jaga gensi juga. Masak baru ketemu langsung pasrah saja cerita apa adanya. Sudah disinggung soal kambinng pula.

Terpaksa dah tuh, aku blocokkan saja. "Iya nih, buat jamu kambing. Tadi malam melahirkan."

Benar-benar deh orang itu! Asal nyaplok saja. Gak tau yang di sini tersinggung atau tidak. Mungkin begitu ya kelakuan orang sekarang, tak seluruhnya juga pasti. Aku juga kebangetan! Diucapin begitu aja mangkel. Padahal dengan senyum semua selesai. Terangnlah aku berdusta.

Padahal daun beluntas banyak khasiatnya. Orang itu yang kurang pengetahuan atau aku saja yang kertelaluan. Terlalu baper. Heran!

Padahal kata orang kandungan nutrisi dan mineralnya membuat daun beluntas sangat baik untuk menangkal berbagai penyakit.

Kasiat itu diantaranya adalah;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun