Mohon tunggu...
Arifah Rahmawati
Arifah Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa semester 7 jurusan Teknik Rekayasa Instrumentasi di Universitas Gadjah Mada, yng memilki ketertarikan dalam menulis artikel. Hal ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan saya dalam membaca artikel, berita di website maupun media sosial sehingga menarik saya untuk menulis artikel dengan menggunakan plaform kompasiana ini menambah semangat saya dalam menulis artikel sebagai bahan portofolio dan penunjang kreativitas saya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Hal yang Aku Sesali Selama Jadi Maba: Kok Gitu?

9 Agustus 2024   23:47 Diperbarui: 9 Agustus 2024   23:56 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hai, aku mahasiswa semester 6 di salah satu kampus negeri di Jogja, dan aku menjadi bagian dari jurusan yang kata-kata orang tuh "overated" wkwk tapi kurang tau jugaa yaa, tapi aslinya memang tidak semenakutkan itu kok di jurusanku, tapi kadang emang agak pusing aja, hehe. alasan aku nulis ini adalah sebagai percobaan karena first time aku nulis di media sosial. 

Jadi mungkin ngikut sesuai judul yaa, disini aku mau share penyesalan yang aku lalui selama awal perkuliahan. Hmm mungkin agak klasik karena kenapa harus share begituan wkkw, tapi its okey siapa tau ada yang tertarik sama yang aku share ini, jadi pasti bermanfaat kann hehe. Yuk langsung aja :

1. Ga serius belajar

     Ga serius belajar adalah hal yang mungkin jarang dilakukan oleh para maba. Tapi fun fact nya aku yang tipe males belajar waktu jaman maba. kira-kira kenapa? karena posisi ku waktu itu masih covid, jadi perkuliahan masih daring, sehingga pembelajaran sangat amat tidak efektif menurut aku, dan aku jadi males-malesan belajar, males nyatet materi, dan lain-lain. 

Alhasil apa? pasti sesuai dengan usaha dong, ipk ku jelek dan dan ketika aku memasuki semester-semester selanjutnya aku menyadari kalau mata kuliah yang aku dapat semakin sulit, dan membuat nilai yang ingin ku dapat semakin susah. Terlintas di pikiran, kalau aja aku dulu lebih serius di semester awal dan sungguh-sungguh karena mata kuliah nya masih gampang, mungkin IPK ku tidak seburuk sekarang

2. Tidak aktif organisasi

     Banyak beberapa pendapat di awal masa perkuliahan. Sebenernya penting ga sih organisasi tuh? banyak yang bilang "Ga penting, sekarang yang dipentingin tuh pengalaman", "Gapenting, buang-buang duit, jadi babu, blablabla" disisi lain ada yang  bependapat "Organisasi penting buat nambah relasi" dan lain-lain. 

Setelah aku memasuki tingkat ketiga, aku baru menyadari bahwa organisasi itu penting. mengapa demikian? di tahun-tahun terakhir, rekomendasi dari kating, relasi, itu sangat dibutuhkan. Selain itu, dibalik ada yang bilang mahasiswa yang ikut organisasi adalah "Budak Kampus" perlu kita ketahui bahwa semua yang mereka ikuti memilikin tujuan untuk menambah skill mereka baik hard skill maupun soft skill. Dan sebagai mahasiswa baru yang tidak memiliki pengalaman apapun di jaman sekolah, hal ini menjadi kesempatan awal sebagai basic sebelum memasuki dunia kerja ataupun magang.

Mungkin untuk saat ini itu saja, dan bakal aku tambahin di next kesempatan, makasih yang udah sempet baca

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun