Mohon tunggu...
Arif Abdul Basith Dzaki
Arif Abdul Basith Dzaki Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ledeng

21

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Efektivitas Edukasi Mengenai Pandemi Covid-19 dalam Program KKN UPI

24 Juli 2021   11:00 Diperbarui: 24 Juli 2021   16:47 442
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Tampilan Profile akun Instagram @kknt_febbysalsabilla, @kknt_daffaarrazzaq, dan @kknt_nurhalizanovianty| Dok. pribadi

Coronavirus Disease 2019 atau yang lebih familiar disebut dengan COVID-19 berpusat di Provinsi Hubei, Republik Rakyat Cina, telah menyebar ke banyak negara lain termasuk Indonesia. COVID-19 buka lagi merupakan masalah nasional, namun sudah menjadi masalah global. Penyebaran COVID-19 dinilai sangat cepat dan dapat menyerang siapapun. Saat ini kasus COVID-19 di Indonesia sudah terkonfirmasi sebanyak 3,03 juta kasus dengan pasien sembuh 2,39 juta serta telah merenggut nyawa sebanyak 79.032 jiwa (INews, 2021).

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) wajib bagi mahasiswa dan telah rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Namun pada tahun 2021 ini, kuliah kerja nyata yang diselenggarakan oleh UPI berbeda dengan tahun–tahun sebelumnya karena dengan adanya pandemi COVID-19 yang masih terus terjadi di dunia termasuk Indonesia. Maka dari itu, UPI tetap menyelenggarakan KKN di tengah Pandemi walaupun program yang dilaksanakan dilakukan secara daring dan disesuaikan dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan di Indonesia saat ini. Salah satunya dengan program edukasi pencegahan COVID-19 untuk di publikasikan ke media sosial. Hal ini menjadi salah satu langkah preventif yang dilakukan untuk berkontribusi sebagai edukasi masyarakat tentang bahaya COVID-19 melalui media sosial yang di dalamnya dapat memberikan tindakan–tindakan untuk mencegah penularan COVID-19 dan apa saja yang harus dilakukan oleh masyarakat di masa pandemi COVID-19 ini. Sebuah survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada November 2020 menggambarkan saat ini jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 196,7 Juta orang dan sebanyak 31,3 (25,3%) orang mengakses internet untuk update informasi baik melalui berita maupun lainnya (Databoks, 2020).

Saat ini, media sosial digital telah berubah menjadi pusat penyebaran informasi kasus pandemi COVID-19. Beragam informasi dikreasikan dan di kemas menjadi bentuk pesan singkat, foto, video, maupun meme untuk disebarluaskan melalui media sosial. Komunikasi melalui media sosial merupakan komponen mendasar dari banyak strategi promosi kesehatan yang dirancang untuk mengubah perilaku risiko kesehatan (Bayu et al., 2020).

Diantara media sosial yang ada, di masa pandemi COVID-19 ini, Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk memberikan konten edukasi–edukasi terkait dengan pandemi COVID-19 dari mulai mahasiswa, pendidik, hingga pebisnis sekalipun menggunakan media sosial sebagai media edukasi di tengah pandemi COVID-19. Instagram merupakan sebuah media sosial yang dimana pengguna dapat dengan mudah membagikan informasi berupa foto dan video. Mudahnya cara menggunakan Instagram menjadikan Instagram sebagai media informasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Penggunaan Instagram sebagai media informasi edukasi merupakan suatu fenomena yang baru yang ada dalam penggunaan media social saat ini (Sari D.N et al., 2020).


Penggunaan media sosial Instagram sebagai media edukasi khususnya mengenai pandemi COVID-19 banyak digunakan oleh lembaga–lembaga maupun perorangan termasuk mahasiswa. Mahasiswa UPI membuat akun Instagram dengan tujuan menyampaikan edukasi melalui media sosial ini untuk menyampaikan informasi–informasi seputar COVID-19, seperti pada akun–akun berikut ini:

Dari gambar 1 dapat kita lihat tampilan profile dari masing–masing akun yang sama–sama memiliki tujuan mengedukasi masyakat melalui media sosial Instagram dengan berbagai macam konten yang disediakan oleh kreator atau pemilik akun yang merupakan mahasiswa dari UPI. Konten–konten yang biasanya dibuat oleh mahasiswa untuk mengedukasi masyarakat biasanya dikemas dengan tampilan visual yang menarik sehingga masyakarat tertarik untuk membacanya serta menambah informasi mengenai COVID-19. Diantaranya
konten konten yang menjadi andalan mahasiswa ialah sebagai berikut.

Gambar 2. Contoh Konten Edukasi mengenai COVID-19| Dok. pribadi
Gambar 2. Contoh Konten Edukasi mengenai COVID-19| Dok. pribadi
Dari hasil penelitian yang di dapat oleh penulis yang dilihat dari observasi data dokumentasi dari akun instagram perseta KKN UPI, penulis dapat melihat adanya interaksi yang cukup baik dengan konten–konten yang mengedukasi seputar dengan COVID-19. Interaksi ini terjadi dengan melihat postingan secara langsung maupun melalui hastag yang digunakan oleh kreator. Respon yang diterapkan oleh pembaca konten yaitu Behavioral dimana respon ini akibat yang ditimbulkan oleh diri khalayak yang membentuk sebuah prilaku, tindakan dan kegiatan. Dengan adanya edukasi melalui media sosial Instagram ini cukup efektif dan mempengaruhi masyakarakat dalam bertindak dan berprilaku selama masa pandemi COVID-19. Selain itu, masyarakat juga dapat menambah informasi mengenai berita–berita mengenai COVID-19 melalui Instagram karena Instragram sendiri sudah menyediakan tagar dan notifikasi tersendiri untuk menunjukan konten yang berhubungan dengan Covid -19.

REFERENSI

Bayu, M., Sampurno, T., Mada, U. G., Kusumandyoko, T., Surabaya, U. N., Islam, M. A., Surabaya, U. N., & Branding, V. (2020). Budaya Media Sosial , Edukasi Masyarakat , dan Pandemi COVID-19. Sosial Dan Budaya, 7(No 6), 17. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15210

Databoks. (2020). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Capai 196,7 Juta. 

INews. (2021). Update 23 juli 2021 pasien positif covid-19 tambah 49071 jadi 3082410 orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun