Salam sehat
Hari ini hari jumat, tanggal 29 desember, waktunya untuk tutup buku tahun anggaran 2023. Setelah memantau pekerjaan rekan-rekan di kantor, saya siang hari setelah jumatan ke bank BRI untuk menyelesaikan penihilan rekening kantor sesuai arahan bendahara agar sisa dana di rekening ditarik tunai lalu disetorkan manual kembali ke penerimaan negara. Penihilan anggaran ini sesuai dengan aturan perbendaharaan negara karena tanggal 1 januari wajib mulai dengan pembukuan tahun anggaran baru.
Ada beberapa hal yang saya amati saat di kantor BRI:
1. Ketersediaan lahan parkir.Â
Untuk parkir mobil pelanggan, sudah ada solusi di parkiran tempat ibadah di sisi belakang kantor, namun untuk parkir motor sepertinya belum terkomunikasikan dengan pemilik lahan, seharusnya bisa dibicarakan karena jumlah pelanggan/nasabah yang menggunakan motor juga lumayan banyak;
2. Pelayanan satpam.
Pelayanan satpam di kantor lumayan membaik, memang belum setara dengan BCA tapi sudah ada upaya menuju ke sana. Ramah dan sopan kepada nasabah;
3. Pelayanan nasabah dari sisi teknologi.
BRI dengan jumlah cabang yang lumayan banyak, tentu lebih berupaya mendekatkan diri ke konsumen/nasabah, ditambah lagi dengan mesin ATM yang bisa setor tunai akan sangat membantu melayani nasabah yang akan setor tunai di luar jam kerja. Namun, ada hal yang perlu diperbaiki dalam hal layanan teknologi yaitu ketika akhir bulan, website sering bermasalah yang kadang mempersulit transaksi nasabah.
Bank selaku penyedia jasa keuangan tentu harus menyediakan dukungan teknologi yang mumpuni agar pelayanan nasabah lebih baik.
Semoga bermanfaat