Supported By : Hidayat Lover Community - HLC Indonesia
Generasi HLC . , Hold Fast To Your Dreams , #wearehlcindonesia
Pendidikan Matematika UAD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 1 PLERET
Mata Pelajaran     : Matematika
Kelas/Semester     : XI / I
Materi Pokok       : Polinomial
Alokasi Waktu      : 1 Pertemuan ( 2 x 45 menit )
A. Kompetensi Inti
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang di anutnya
- Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,disiplin,tanggung jawab,peduli(gotong royong , kerja sama , toleran , damai ),santun ,responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahn dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia .
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
2.1 Melatih diri bersikap konsisten , rasa ingin tahu dan bersifat kritis dan jujr dalam memecahkan masalah matematika , bidang ilmu , dan masalah nyata kehidupan .
2.1.1 Memiliki rasa ingin tahu tentang pengertian suku banyak dan derajat suku banyak
2.2 Menunjukan kemampuan berkolaborasi , percaya diri , tangguh , kemampuan bekerja sama dan sikaprealistis dalam memecahkan dan menafsirkan penyelesaian masalah .
2.2.2 Mampu bekerja kelompok dalam menghitung nilai suatu suku banyak
C. Tujuan Pembelajaran
- Terlatih berfikir kritis dan berfikir kreatif
- Menemukan konsep dan sifat suku banyak dari permasalahan nyata
- Mengajak untuk melakukan penelitian dasar dalam membangun konsep suku banyak
- Dilatih mengajukan ide-ide secara bebas dan terbuka
- Merasakan manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari khusunya yang berkaitan dengan materi polinomial
D.Materi Ajar
- Pengertian suku banyak
2. Nilai Suku Banyak
- Cara Subsitusi
- Cara Horner/Skematik/Bangun/Sintetik
E.Metode Pembelajaran
- Pendekatan Saintifik
- Pendekatan Kontekstual
- Pembelajaran Kooperatif