Mohon tunggu...
Arief Hidayat
Arief Hidayat Mohon Tunggu... Pelajara -

harianjotos.com 295C32A5 . Daneshmand HLC Indonesia, 8 Agustus 2010 Banyumas . Hobi : Otomotif , Drummer , Sedikit main Gitar. HLC Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Rpp Matematika Kelas 7 Ktsp Bilangan Bulat , UAD

3 April 2014   06:59 Diperbarui: 24 Juni 2015   00:09 7632
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sumber  :  http://ariefhidayathlc.wordpress.com/2014/04/21/rencana-pembelajaran-matematika-rpp-kelas-7-ktsp-bilangan-bulat/

Untuk memenuhi tugas yang di berikan oleh dra sumargiyani mpd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah               :     SMP N 1 HLC

Mata Pelajaran             :     Matematika

Kelas/Semester            :     VII / I

Pertemuan Ke-             :     1

Alokasi Waktu               :     1 x 40 menit

Standar Kompetensi   :     Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan penggunaannya dalam pemecahan masalah .

Kompetensi Dasar       :     Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah.

Indikator                          :     Menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulatuntuk menyelesaikan masalah.

I.Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah.

II.Materi Ajar

Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan.

III.Metode Pembelajaran

Tanya jawab, tugas individu

IV.Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1 (1 x 40 menit)

1.Kegiatan Awal (5 menit)

Doa

Presensi

Guru Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2.Kegiatan Inti (28 menit)

Guru menjelaskan tentang sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulat untuk menyelesaikan masalahdan memberikan contohnya.

3.Kegiatan Akhir (7 menit)

Peserta didik mengerjakan tugas dan di kumpulkan .

V.Alat dan Sumber Pembelajaran

Alat :

Laptop

LCD

Sumber :

depdiknas. 2006. Peraturan Pemerintah No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VII Semester 1. Jakarta: Depdiknas.

VI.Penilaian

Teknik : tugas individu.

Soal :

1.        Isilah titik-titik berikut ini.

a.  -7 + 4 = ....

b. 4 + (-7) = ....

Jadi, -7 + 4 = .... + .... ( 10)

2.        a. 3 x (5 x6) = ....

b.  (3 x5) x6 = ....

Jadi, 3 x (5 x6) = ( .... x....) .... = .... ( 10 )

3.       a.  1/2 x 1/3 = . . .  

b.   1/3  x 1/2 = . . .  

Jadi , 1/2 x 1/3 = . . . x . . . = . . .                                                                                                      ( 20 )

3.        Daging sapi dimasukkan ke dalam ruang pendingin bersuhu -20. Kemudian, daging sapi dikeluarkan untuk dijual dan suhunya naik 4 setiap 1 jam. Berapakah suhu daging sapi setelah 7 jam dikeluarkan dari ruang pendingin? ( 20 )

4.Dalam kompetisi Matematika, setiap jawaban benar diberi skor 3, jawaban  salah diberi skor -1, dan jika tidak menjawab diberi skor 0. Dari 40 soal yang diujikan, Dedi menjawab 31 soal, yang 28 soal di antaranya dijawab benar. Skor yang diperoleh Dedi adalah… ( 40 )

Yogyakarta, 6 Maret 2014

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Matematika

Dra. Sumargiyani, M. Pd                                                                               Arief Hidayat , M.Pd

NIP.                                                                                                                       NIM.11006152

Jawaban :

1.    a.  -7 + 4 = -3

b. 4 + (-7) = -3

Jadi, (-7) + 4 = 4 + (-7)

2.        a. 3 x (5 x6) =90

b.  (3 x5) x6 = 90

Jadi, 3 x (5 x6) = ( 3 x5) x6 = 90

3.       a.   1/2 x 1/3 = 1/6

b.     1/3  x 1/2 = 1/6

Jadi ,  1/2 x 1/3 = 1/3 x 1/2 = 1/6

4.Suhu mula-mula daging -20

suhunya naik 4 setiap 1 jamdan waktu di luar ruangan 7 jam x 4 =  28

sehingga , -20℃ + 28 = 8

5. Tidak dijawab = 40 – 31 = 9 soal

Salah = 31 – 28 = 3 soal

28 soal benar, skornya adalah 28 × 3 = 84. –

3 soal salah, skornya adalah 3 × (–1) = –3.

9 soal tidak dijawab, skornya 9 × 0 = 0

Skor yang diperoleh Dedi adalah 84 + (–3) + 0 = 81.

Untuk serial pdf bisa klik di sini

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun