Sumber  :  http://ariefhidayathlc.wordpress.com/2014/04/21/rencana-pembelajaran-matematika-rpp-kelas-7-ktsp-bilangan-bulat/
Untuk memenuhi tugas yang di berikan oleh dra sumargiyani mpd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah              :    SMP N 1 HLC
Mata Pelajaran            :    Matematika
Kelas/Semester           :    VII / I
Pertemuan Ke- Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â :Â Â Â Â 1
Alokasi Waktu              :    1 x 40 menit
Standar Kompetensi  :    Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan penggunaannya dalam pemecahan masalah .
Kompetensi Dasar      :    Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah.
Indikator                         :    Menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulatuntuk menyelesaikan masalah.
I.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah.
II.Materi Ajar
Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan.
III.Metode Pembelajaran
Tanya jawab, tugas individu
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 (1 x 40 menit)
1.Kegiatan Awal (5 menit)
Doa
Presensi
Guru Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.Kegiatan Inti (28 menit)
Guru menjelaskan tentang sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulat untuk menyelesaikan masalahdan memberikan contohnya.
3.Kegiatan Akhir (7 menit)
Peserta didik mengerjakan tugas dan di kumpulkan .
V.Alat dan Sumber Pembelajaran
Alat :
Laptop
LCD
Sumber :
depdiknas. 2006. Peraturan Pemerintah No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VII Semester 1. Jakarta: Depdiknas.
VI.Penilaian
Teknik : tugas individu.
Soal :
1.      Isilah titik-titik berikut ini.
a. -7 + 4 = ....
b. 4 + (-7) = ....
Jadi, -7 + 4 = .... + .... ( 10)
2.      a. 3 x (5 x6) = ....
b. (3 x5) x6 = ....
Jadi, 3Â x (5Â x6) = ( .... x....) .... = .... ( 10 )
3.      a. 1/2 x 1/3 = . . . Â
b.  1/3  x 1/2 = . . . Â
Jadi , 1/2 x 1/3 = . . . x . . . = . . .                                                                                                     ( 20 )
3.      Daging sapi dimasukkan ke dalam ruang pendingin bersuhu -20. Kemudian, daging sapi dikeluarkan untuk dijual dan suhunya naik 4 setiap 1 jam. Berapakah suhu daging sapi setelah 7 jam dikeluarkan dari ruang pendingin? ( 20 )
4.Dalam kompetisi Matematika, setiap jawaban benar diberi skor 3, jawaban  salah diberi skor -1, dan jika tidak menjawab diberi skor 0. Dari 40 soal yang diujikan, Dedi menjawab 31 soal, yang 28 soal di antaranya dijawab benar. Skor yang diperoleh Dedi adalah… ( 40 )
Yogyakarta, 6 Maret 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                Guru Matematika
Dra. Sumargiyani, M. Pd                                        Arief Hidayat , M.Pd
NIP. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â NIM.11006152
Jawaban :
1.   a. -7 + 4 = -3
b. 4 + (-7) = -3
Jadi, (-7) + 4 = 4 + (-7)
2.      a. 3 x (5 x6) =90
b.  (3 x5) x6 = 90
Jadi, 3Â x (5Â x6) = ( 3 x5) x6 = 90
3.      a.  1/2 x 1/3 = 1/6
b.    1/3  x 1/2 = 1/6
Jadi ,  1/2 x 1/3 = 1/3 x 1/2 = 1/6
4.Suhu mula-mula daging -20
suhunya naik 4 setiap 1 jamdan waktu di luar ruangan 7 jam x 4 = Â 28
sehingga , -20℃ + 28 = 8
5. Tidak dijawab = 40 – 31 = 9 soal
Salah = 31 – 28 = 3 soal
28 soal benar, skornya adalah 28 × 3 = 84. –
3 soal salah, skornya adalah 3 × (–1) = –3.
9 soal tidak dijawab, skornya 9 × 0 = 0
Skor yang diperoleh Dedi adalah 84 + (–3) + 0 = 81.
Untuk serial pdf bisa klik di sini
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H