Mohon tunggu...
ARIDWAN LASMANA PUTRA
ARIDWAN LASMANA PUTRA Mohon Tunggu... Konsultan - Ya Gini

Ya kan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) pada Sebuah Perusahaan

24 Juni 2022   23:37 Diperbarui: 24 Juni 2022   23:38 485
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Persaingan bisnis saat ini sangat ketat, baik itu bisnis yang bergerak di bidang produk atau jasa. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap perusahaan perlu melakukan berbagai strategi untuk menarik pelanggan. Saat ini jika kita sebagai pengusaha ingin mendapatkan keuntungan yang baik dan banyak, maka kita perlu memikirkan berbagai macam strategi yang dapat dilalukan sesuai dengan usaha dan perusahaan apa yang sedang dijalankan. Saat ini orientasi dalam berbisnis sudah berubah, yang awalnya berorientasi bagaimana cara menjual produk maupun jasa sebanyak mungkin, menjadi orientasi bisnis pada bagaimana cara mendapatkan loyalitas. Loyalitas merupakan sebuah rasa maupun sikap yang diberikan oleh pelanggan atau konsumen terhadap sesuatu yang didapatkannya melalui berbagai proses yang dapat dirasakan, serta loyalitas pelanggan merupakan aset yang sangat berharga bagi perusahaan menurut Apriliani (2014 : 2).

Dinamika persaingan bisnis yang semakin sulit membawa penerapan pada upaya yang berkelanjutan agar produk dapat sampai ke konsumen di waktu yang tepat, tempat yang tepat, pada orang yang tepat, dan harga yang tepat. Sehingga bagian pemasaran memiliki posisi strategis dalam upaya membawa perusahaan ke arah yang lebih baik. Strategi pemasaran merupakan pegangan bagi perusahaan agar mempunyai keunggulan dalam persaingan pasar, sekaligus mencari kecocokan antara kemampuan internal perusahaan, dalam hal ini menjual produk ke konsumen dengan peluang ekstemal yang ada di pasar yaitu pembeli potensial yang menyukai produk yang dijual tersebut. Dengan demikian haruslah diketahui karakteristik pasar serta struktur pasar yang dihadapi.

 Untuk mencetak tenaga ahli professional yang berkualitas dan berkompeten, maka Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk melakukan kegiatan kerja lapangan atau yang biasanya disebut dengan magang.

Untuk menciptakan tenaga ahli yang profesional dan berkompeten, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya memiliki salah satu mata kuliah Magang, diamana agenda nya mahasiswa dilatih dan diterjunkan langsung pada sebuah perusahaan untuk belajar, menganalisa dan mempraktikan apa yang telah didapatkan saat pembelajaran di kelas. salah satu materi atau pelajaran yang didapatkan yaitu tentang Bauran Pemasaran atau Marketing Mix. menurut Gitosudarmo (2014: 182) mendefinisikan bauran pemasaran sebagai alat bagi pengusaha untuk mempengaruhi konsumen agar konsumennya dapat menjadi kenal kemudian menyenangi dan kemudian melakukan transaksi pembelian serta akhirnya konsumen itu menjadi puas. Menurut Kotler (2016:88) strategi pemasaran adalah himpunan asas yang secara tepat, konsisten, dan loyal dilaksanakan oleh perusahaan guna mencapai sasaran pasar yang dituju (target market) dalam jangka panjang. Dalam strategi pemasaran ini, terdapat strategi acuan/bauran pemasaran (marketing mix), yang menetapkan komposisi terbaik dari keempat komponen atau variabel pemasaran, untuk dapat mencapai sasaran pasar yang dituju sekaligus mencapai tujuan dan sasaran perusahaan 

Aridwan Lasmana Putra seorang mahasiswa niversitas 17 Agustus 1945 Surabaya telah melakukan kegiatan magang pada suatu perusahaan yang bergerak pada bidang pemaaran atau penyedia layanan pemeriksaan pendengaran, yaitu PT. Nobel Audiology Center Surabaya yang berlokasi di Jl. Krukah Utara No.68 A, Wonokromo Surabaya. Perusahaan ini merupakan perusahaan penyedia layanan pemeriksaan pendengaran dan penyedia Alat Bantu Dengar untuk orang yang mengalami masalah pendengaran.

Kegiatan yang biasanya berlangsung seperti pemeriksaan pendengaran, konsultasi mengenai pendengaran atau telinga, transaksi pembelian alat bantu dengar maupun produk lainnya. dari hasil analisa saat magang berlangsung menunjukan bahwa kesesuaian teori tentang bauran pemasaran sudah ada pada perusahaan tersebut. alasan mengapa pentingnya kita harus bisa melakukan analisa bauran pemasaran pada sebuat perusahaan karena dengan menganalisa hal apa saja yang ada pada perusahaan maka kita akan lebih mengerti tentang strategi apa yang akan dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan perusahan. 

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun