Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.888 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 17-07-2024 dengan 2.280 highlight, 17 headline, dan 109.421 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Book Week, Bulan Bahasa, Minat Baca, dan 14 Tahun Kompasiana

26 Oktober 2022   20:31 Diperbarui: 29 Oktober 2022   09:46 454
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oktober adalah bulan bahasa yang kita kenal bersama.  Di sekolah tempat saya mengajar, bulan bahasa selalu diperingati dengan mengadakan Book Week atau Minggu Buku. Ini dia kisahku berliterasi merayakan Bulan Bahasa.

Kompasiana tahun ini sudah mencapai usia 14 tahun dan menjadi wadah saya berkisah gerakan literasi yang saya lakukan terutama untuk menumbuhkan minat baca. Salah satunya minat baca siswa di sekolah.

Saya sangat suka membaca dan bahkan mempunyai perpustakaan pribadi di rumah karena koleksi buku yang saya miliki sangat banyak untuk ukuran guru seperti saya. Bahkan saya mengunggah gambar buku-buku milik saya pribadi dalam album salah sagj media sosial dengan nama  ABy Online Library.

Dalam hal ini ABy adalah singkatan dari nama saya, Ari Budiyanti. Mungkin itu menjadi salah satu alasan pihak sekolah terus mempercayakan pelaksanaan Book Week dari tahun ke tahun pada saya. Tentu saja saya tidak bekerja sendiri namun bersama rekan-rekan guru di sekolah.

Saya pernah menuliskan kisah tentang Book Week di Kompasiana. Anda bisa membacanya di sini.

Apa pentingnya Book Week bagi siswa?
Berikut penjelasan saya.
1. Book week memberi kesempatan pada siswa untuk membaca buku koleksi favoritnya yang dibawa dari rumah.

Saya yakin ada banyak siswa yang mempunya buku koleksi prubadi di rumah. Akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi mereka untuk membacanya di sekolah dan buku favorit mereka diketahui oleh teman-teman di sekolah.

Dokpri layar tabgkap artikel Ari Budiyanti tentang Book Week
Dokpri layar tabgkap artikel Ari Budiyanti tentang Book Week
2. Book Week memberi kesempatan pada siswa untuk lebih sering mengunjungi perpustakaan sekolah.

Mengapa demikian? Tidak semua siswa mempunyai koleksi buku di rumah. Waktu kecil, saya termasuk salah satunya. Perpustakaan menjadi sumber buku bagi anak-anak di sekolah.

 Mereka bisa meminjam buku di perpustakaan sekolah dengan bebas. Artinya sesuai aturan yang berlaku di sekolah masing-masing.

Dokpri
Dokpri
3. Book Week memberi kesempatan pada siswa untuk belajar berbagai tema literasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun