Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.888 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 17-07-2024 dengan 2.280 highlight, 17 headline, dan 109.421 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Kisah Seorang Guru Menumbuhkan Minat Baca Anak-anak dan Koleksi Buku Let's Read sebagai Pilihan Pustaka

18 Juli 2020   15:14 Diperbarui: 18 Juli 2020   22:59 433
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Dunia literasi sangat dekat dengan saya sejak kecil. Saya makin dekat dengan dunia literasi ini seiring dengan pilihan profesi saya sebagai guru. Saya mendapat banyak kesempatan untuk mendekatkan dunia literasi pada anak-anak yang juga adalah murid-murid saya.

Pada waktu mengajar di Surabaya, saya selalu membagikan cerita selama sepuluh menit pada murid-murid saya sebelum pulang sekolah. Cerita-cerita tersebut masuk dalam program closing story di sekolah. Closing story ini menolong saya untuk mendekatkan anak-anak dengan aneka jenis buku bacaan, terutama dongeng yang mereka sukai.

Salah satu variasi yang saya lakukan adalah dengan menceritakan dongeng karya saya sendiri. Dari sekian banyak dongeng yang pernah saya ceritakan pada murid-murid, ada empat dongeng yang telah dibukukan oleh sebuah penerbit.

Buku-buku tersebut menggunakan teks bahasa Inggris karena sekolah tempat saya mengajar di Surabaya menggunakan pengantar bahasa Inggris. Tentu saja mendongeng pun harus dalam bahasa Inggris.

Berikut ini judul buku-buku cerita anak yang saya tulis: 1) Lala, 2) Didi and Lisa, 3) A Little Duck and A Little Cat, dan 4) Three Friends. Anda bisa melihat sampul buku karya saya pada gambar di bawah ini.

Dokpri
Dokpri

Buku-buku cerita yang saya tulis ini selalu saya bawa ke mana pun saya mengajar di beberapa kota. Waktu saya mengajar di Purwokerto, Jawa Tengah, saya juga membacakan buku-buku cerita karya saya pada anak-anak didik. Mereka menyukainya. Saya juga memotivasi mereka untuk menuliskan cerita mereka sendiri.

Ketika saya mengajar di kota Pamulang, saya juga mengajak anak-anak untuk giat membaca. Saya memanfaatkan aneka koleksi buku bagus di sekolah tempat saya mengajar.

Saya juga terlibat satu program menarik bersama tim guru di sekolah tersebut, yakni membawa satu buku setiap hari Jumat untuk dibaca siswa di rumah. Para murid diharapkan mengembalikan buku-buku itu pada hari Senin.

Ini semacam tugas baca anak bersama keluarga di rumah. Anak-anak suka sekali membaca dan memberi tanggapan positif. Demikian juga para orang tua sangat mendukung program ini.

Saya mendapati ada beberapa sekolah lain yang juga mempunyai program tersebut. Salah satunya di sekolah tempat saya mengajar sekarang di Tangerang. Siswa-siswa TK juga dipinjami buku dari sekolah untuk dibaca di rumah bersama orang tuanya saat akhir pekan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun