Saya tidak tahu alasan yang pasti kenapa Motto Indonesia saat ini yang terkenal dan di sosialisasikan hanya dengan kalimat “Visit Indonesia 2009″ ?. Apakah ini menunjukan dinas Pariwisata kita kurang Percaya Diri untuk mempromosikan Indonesia dimata dunia Internasional ? Atau mungkin karena Indonesia mempunyai alasan lain ?
Apapun alasanya yang pasti saya mempunyai penilaian tersendiri untuk masalah ini.
Saat saya beberapa hari berkunjung ke blog kawan-kawan dari yang mengikuti kontesnya “Nadine” sampai dengan kawan-kawan lintas blogger yang lain khususnya mereka yang sering bercerita tentang kisah wisata mereka yang di kupas tuntas di blog pribadi mereka, bahkan ada juga kawan-kawan blogger yang membuat blogg mereka memang secara khusus membahas dan berisi tentang seluruh wisata-wisata yang ada di seluruh Indonesia yang pernah dia jelajahi, sebut saja misalnya blog Jelajah Wisata INI. Selain Blog tersebut, saya juga mencatat beberapa blog yang saat ini sedang mengikuti contest Nadine yang mengangkat tentang wisata alam Indonesia, ini menurutku sangat luar biasa dalam ikut berperan mempromosikan wisata dan kekayaan alam di Indonesia. Mereka antara lain adalah sebagai berikut : Ivan Batara, Maznoer, leonaurelius, Ndan, Rofiul, Yang Putri, Resu, Satpam Bobo, Agusta, Pien, Indoboards, >>>>
Dan masih banyak lagi yang lain yang untuk lengkapnya bisa anda kunjungi disini
Dari sedikit mengamati beberapa ulasan tentang blog mereka yang mengulas beberapa wisata lokal di Indonesia, ssaya jadi berfikir ternyata Indonesia sungguh sungguh sangat menakjubkan dan luar biasa kekayaan dan potensi wisatanya, dari wisata alam seperti gunung, lembah, sungai, pulau-pulau cantik, wisata dasar laut, pantai, dan masih banyak lagi potensi-potensi lain yang bisa diangkat sebagai daya tarik wisatawan baik dari wisatawan lokal hingga wisatawan internasional.
Itu belum termasuk tentang kekayaan budaya dan hasil karya seni Indonesia yang sungguh-sungguh sangat kaya akan semua itu. Dan dari semua hal tersebut, semuanya mempunyai potensi dan daya tarik tersendiri jika di kelola dengan baik, profesional dan juga promosi yang gencar.
Saya sangat yakin di Indonesia wisata yang lebih Indah daripada pulau dewata sangatlah terlalu banyak untuk disebut, permasalahanya menurut saya kurangnya pengelolaan dan promosi yang baik sehingga kekayaan dan potensi tersebut tidak terlalu diketahui oleh banyak orang, baik oleh wisatawan lokal apalagi oleh wisatawan asing. Ini yang harus menjadi pekerjaan rumah oleh mereka-mereka yang memang memiliki KEWAJIBAN DAN WEWENANG yang lebih untuk mengelola wisata Indonesia yang luar biasa ini.
Indonesia juga harus berterima kasih kepada seluruh Blogger yang dengan kesadaran dan jiwa nasionalisme mereka, mereka ikut serta dalam mempromosikan wisata dan kekayaan alam negeri yang memang sangat luar biasa keindahanya.
Kita juga selayaknya harus berterima kasih kepada siapapun yang baik secara niat maupun secara tidak sengaja ikut mempromosikan Keindahan dan kecantikan negeri ini baik melalui web/blogg yang mungkin pada awalnya itu hanya berawal dari sebuah kisah pribadi atau hasil cerita wisata mereka yang mereka tulis melalui blogg, akan tetapi yakinlah bahwa ini sangat memiliki arti dan makna untuk kemajuan Wisata di Indonesia.