Mohon tunggu...
Arianne Daud Hamzah
Arianne Daud Hamzah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan / Universitas Airlangga

Saya suka mengamati manusia dan menganalisis kelakuannya. Hobi saya adalah menyanyi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perilaku Mencari Informasi Pada Remaja Masa Kini: Keyword atau Copas?!

29 Mei 2024   20:19 Diperbarui: 29 Mei 2024   20:24 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ketika zaman cepat berubah dan waktu terasa cepat, maka sesuatu yang instan seakan menjadi tren dalam hal apapun. Semuanya ingin mendapatkan hasil yang mudah, cepat, dan tepat. Tidak hanya makanan ataupun fashion tetapi juga berdampak pada kehidupan sehari-hari sehingga kebiasaan itu menjadi gaya hidup. Gaya hidup instan adalah cara hidup ketika seseorang menginginkan hasil atau pemenuhan kebutuhan secara cepat dan mudah, sering kali dengan sedikit usaha atau penundaan. Ini mencerminkan kecenderungan untuk mencari kepuasan segera dan menghindari penantian atau proses yang memerlukan waktu lebih lama. Beberapa karakteristik dari gaya hidup instan meliputi:

  1. Konsumsi Cepat dan Praktis:

    • Mengutamakan makanan cepat saji atau makanan siap saji yang dapat disiapkan dalam waktu singkat.

    • Berbelanja secara online untuk kemudahan dan kecepatan pengiriman, sering kali dengan opsi pengiriman hari yang sama atau keesokan harinya.

  2. Teknologi dan Digitalisasi:

    • Menggunakan teknologi dan aplikasi untuk berbagai kebutuhan sehari-hari, seperti pesan antar makanan, transportasi, dan belanja.

    • Mengandalkan media sosial untuk komunikasi cepat dan mendapatkan informasi secara instan.

  3. Hiburan dan Informasi:

    • Mengakses hiburan secara langsung melalui layanan streaming daripada menunggu siaran televisi atau rilis film.

    • Mencari informasi secara cepat melalui mesin pencari internet dan media sosial, sering kali membaca ringkasan atau judul tanpa mendalami konten.

  4. Keuangan:

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun