Public Relations atau PR, merupakan bagian penting dalam dunia bisnis, yang bertujuan untuk membangun citra positif perusahaan atau sebuah merek di mata publik. Dalam era digital saat ini, public relations memiliki peran sangat penting dan akan semakin lebih penting karena adanya perubahan perilaku konsumen yang semakin tergantung pada teknologi digital. Dalam artikel kali ini, kita membahas peran public relations di era digital dan bagaimana PR dapat memanfaatkan teknologi digital untuk memperkuat citra sebuah perusahaan.
Public Relations, kata yang tepat untuk mewakili yaitu bagian hubungan masyarakat, atau sering kita dengar dengan kata HUMAS. Era digital memaksa semua bisnis dan perusahaan menerapkan strategi yang lebih besar untuk menjangkau konsumen, itu sebabnya peran PR sangat penting, terutama sebagai kepanjangan tangan perusahaan.
PR juga memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan riset dan alat ukut keberhasilan program PR. Dalam era digital, ada banyak tools yang dapat digunakan untuk memantau dan menganalisis kinerja program PR, seperti Google Analytics, Hootsuite, dan sebagainya.
Aktivitas Public Relations di Era Digital
Seorang PR digital membangun dan menjaga citra positif dengan menampilkan pesan-pesan brand organisasi di media internet, seperti blog, website, atau media sosial lainnya. Aktivitas seorang PR meliputi hal sebagai berikut :
- Mendengarkan feedback publik tentang brand kita di media sosial
- Mencegah isu-isu di media yang bisa berdampak kepada brand
- Menciptakan konten baru yang menarik dan sesuai dengan pasar sebuah brand
Media Public Relations di Era Digital
Untuk menjaga citra dan membangun audiens online, seorang PR wajib menggunakan media berbasis internet yang telah tersedia dengan berbagai jenis, manfaat, dan audiens dengan kriteria yang beragam.
- Media Sosial : Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan sebagainya.
- Video : Youtube & TikTok.
- Penggalangan dana : kitabisa.com
Program Public Relations Digital
Program PR sebuah perusahaan sangat terukur dan mempunyai banyak kriteria. Ada beberapa point penting yang perlu menjadi perhatian dalam mengukur keberhasilan sebuah program.
- Engagement, yaitu jumlah interaksi audiens dengan konten media sosial brand, seperti jumlah kunjungan, likes, share, komentar, dan sebagainya.
- Sales, merupakan jumlah transaksi penjualan yang tercapai melalui media sosial dan media online.
Secara keseluruhan, Public Relations memiliki peran yang sangat dan semakin penting dalam era digital. Dalam lingkungan yang semakin terkoneksi secara digital, PR harus mampu beradaptasi diri dan memanfaatkan peluang-peluangan dalam teknologi digital untuk memperkuat citra sebuah perusahaan.