Mohon tunggu...
arga daniati
arga daniati Mohon Tunggu... -

Guru Matematika SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Diklat Online Oke Mengajar Yes

27 November 2013   17:39 Diperbarui: 24 Juni 2015   04:36 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Diklat Online 4 dan 5 di PPPPTK telah dimulai pada tanggal 27 November sampai dengan 11 Desember 2013. Begitu saya mengetahui adanya perekrutan Diklat Online untuk guru SMP, SMA, dan SMK untuk 15 hari, saya menjadi sangat ingin menjadi peserta. Karena waktu saya diklat offline terutama tentang Geogebra saya merasa  masih sangat kurang penguasaannya. Apalagi kalau akan digunakan untuk pembelajaran. Ada keinginan untuk memperdalam selepas diklat offline. Namun dengan kembali ke kegiatan rutin maka kesempatan belajar menjadi bekurang.

Alhamdulilah, ternyata setelah menunggu dimulainya diklat online akhirnya nama saya tercantum di daftar peserta. Meski agak terlambat mengetahui karena ada masalah dengan akses internet dirumah. Untungnya seorang teman memberitahu saya karena beliau juga jadi peserta. Segera akses internet di rumah saya perbaiki dan segera login karena untuk persiapan pretes tanggal 27 November 2013 mulai pukul 16 sampai tanggal 28 November pukul 12.

Saya berharap setelah diklat online penguasaan Geogebra saya meningkat. Selanjutnya saya bisa gunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Meski dengan persiapan singkat saya berusaha mengikuti kegiatan dan melaksanakan tugas online.

Saya mendaftar diklat online karena saya tidak perlu meninggalkan siswa. Pembelajaran tetap berlangsung dengan pendampingan guru. Bahkan kegiatan guru disekolah dan diklat di sekolah masih tetap bisa saya ikuti. Dengan disiplin dan pembagian waktu untuk mengerjakan tugas diklat online maupun tugas mengajar plus tugas dirumah, saya berharap semua bisa berjalan dengan lancar.

Saya sangat bersyukur karena beberapa kegiatan tulis menulis terutama di kompasiana sudah saya mulai. Sudah beberapa artikel yang saya kirimkan. Baik tentang edukasi atau tentang kesehatan. Karena saya bisa berbagi dengan banyak orang tentang pengalaman saya. Sekaligus melatih saya dalam menulis. Meski kadang saya menjadi tersenyum sendiri membaca artikel-artikel saya yang lalu. Ada saja hal-hal yang masih salah. Jadi pengin membuat lagi tapi tentunya yang lebih baik. Saya tiap kali memberanikan diri untuk mencoba menulis. Beberapa teman dan saudara, anak bahkan suami juga membaca. Ada yang hanya diam tapi ada juga komentar yang memotivasi. Termasuk ada kritik yang bagus untuk perbaikan dalam penulisan.

Besar harapan saya dalam mengikuti diklat online saya mendapat batuan dari teman-teman melalui group DOL4 maupun bimbingan dari wali kelas. Sehingga saya bisa selesaikan tugas dengan baik dan tentu saja bertambah ilmu saya. Saya juga menguji diri saya sendiri untuk dapat mengikuti hingga selesai tanpa meninggalkan tugas-tugas rutin

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun