Mohon tunggu...
Arga Dinata
Arga Dinata Mohon Tunggu... Wiraswasta - Kunjungi blog seputar industri software dan IT: https://www.teknovidia.com

Blogger https://teknovidia.com. Berpengalaman sejak tahun 2010 dalam industri IT, telah membantu berbagai kementerian dan perusahaan swasta. Beberapa customer loyal kami: PT. Brantas Abipraya (Persero), Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, PT. Fajar Mas Murni, PT. Medeq Mandiri Utama, CLC Training, dan PT. Asnet Data Solution.

Selanjutnya

Tutup

Money

7 Strategi Mempertahankan Pelanggan

24 September 2021   14:45 Diperbarui: 24 September 2021   14:47 323
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Menurut riset dari Invescpro.com, biaya untuk mendapatkan pelanggan baru 5x lebih besar daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Namun, ternyata 60-80% pelanggan yang sudah puas pun tidak pernah membeli kembali ke bisnis Anda (riset dari Forbes). Jadi, selain mempertahankan pelanggan, Anda juga harus memastikan mereka melakukan repeat order.

Cara yang paling mudah untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan tetap membangun hubungan yang positif dengan mereka. Berikut ini beberapa strategi untuk mempertahankan pelanggan Anda.

1. Melakukan Evaluasi Pelanggan yang Berhenti Berlangganan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan evaluasi mengapa pelanggan Anda berhenti berlangganan. Dengan mengetahui alasan mereka berhenti membeli, Anda dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk dan layanan.

2. Meminta Umpan Balik dari Pelanggan

Cara yang kedua, Anda harus meminta umpan balik dari pelangga secara periodik. Anda dapat melakukannya 1 bulan, 3 bulan, atau 6 bulan sekali. Kirimkan mereka kuesioner yang meminta kritik dan saran untuk produk dan layanan perusahaan Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apa yang harus ditingkatkan, dan apa yang harus dihilangkan.

3. Membuat Kalender untuk Tetap Berkomunikasi dengan Pelanggan

Lakukan komunikasi secara rutin dengan pelanggan Anda. Pastikan mereka selalu mengingat brand bisnis Anda ketika mereka membutuhkan. Buatlah kalender, kapan saja Anda harus menghubungi mereka. Dengan komunikasi yang rutin, pelanggan akan selalu mengingat Anda.

4. Menggunakan Email Marketing

Email marketing, salah satu strategi pemasaran yang mudah tapi cukup efektif. Anda harus mulai membuat database email pelanggan Anda. Kemudian buat konten yang menarik dan informatif sehingga membuat pelanggan selalu ingat dengan brand bisnis Anda. Email marketing juga dapat digunakan untuk mengirimkan informasi promo. Anda dapat melakukan email marketing ini menggunakan software CRM.

5. Membuat Program Loyalitas Pelanggan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun