Langkah-Langkah Mengenali Akan Kebutuhan Konsumen
Oleh : Arfiani Yulianti Fiyul
Sobat pemasar, di saat melihat suasana pasar, kadang hiruk pikuk langsung, kadang dari testimoni di media online dan kadang dari manapun jua pemasar harus lebih jeli dalam mengamati hal tersebut, yaitu mengamati kebutuhan konsumen.
Lalu adakah cara untuk mengenali akan kebutuhan konsumen itu agar para pemasar dapat mengambil peluang-peluang yang ada itu, jadi sobat pemasar  kali ini penulis akan menyampaikan bagaimana para pemasar itu untuk  mengenali akan kebutuhan konsumen.
Maka, untuk mengenali kebutuhan konsumen, ada beberapa langkah yang dapat sobat pemasar ikuti, apabila sobat pembaca adalah salah satu berprofesi pemasar atau penjual. Ok....
Pertama, Lakukan riset pasar
Melakukan riset yang komprehensif tentang pasar dan segmen target sobat. Â Identifikasi siapa target konsumen sobat itu, demografinya, preferensi, kebiasaan pembelian, dan masalah atau kebutuhan yang di hadapi para konsumen itu.Â
Ini dapat dilakukan melalui survei, wawancara, analisis data pasar, dan observasi langsung.
Kedua, Dengarkan konsumen secara aktif
Berkomunikasi dengan konsumen itu dengan saksama. Dengarkan apa yang konsumen katakan tentang produk atau layanan sobat sebagai pemasar, serta masalah atau kebutuhan yang ingin diselesaikan.Â