Mohon tunggu...
Arfiani Yulianti Fiyul
Arfiani Yulianti Fiyul Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Indonesia

Tingkatkan Keterampilan Menulis Belajar Sepanjang Hayat

Selanjutnya

Tutup

Tradisi

Lebaran Ied Melakukan Sungkem dan Silaturahmi

23 April 2023   05:41 Diperbarui: 23 April 2023   06:01 268
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lebaran Ied Sungkem dan Silaturahmi

Oleh : Arfiani Yulianti Fiyul

Pada hari pertama Lebaran Idul Fitri, aku bangun dengan semangat yang tinggi untuk mempersiapkan diri untuk beribadah.

Akupun berpakaian rapi dan pergi ke lapangan tempat sholat Ied diadakan. Saat tiba di lapangan, suasana sudah ramai dengan orang-orang yang bersiap untuk melaksanakan sholat Ied.

Setelah sholat selesai, aku bersama dengan keluarga dan jemaah lainnya melakukan takbir bersama di lapangan. Suara takbir yang meriah terdengar di seluruh penjuru lapangan dan membuatku merasa terharu dan bahagia.

Setelah itu, aku bersama keluarga pulang ke rumah dan langsung melaksanakan sungkem pada kedua orang tua dengan penuh rasa hormat dan kasih sayang.

Aku memohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan yang telah aku perbuat selama setahun terakhir. Kemudian, aku meminta doa restu dari kedua orang tua agar segala kegiatan yang aku lakukan selama setahun ke depan mendapatkan berkah dan kesuksesan.

Setelah sungkem, kami bersama-sama melakukan kunjungan silaturahmi ke rumah-rumah tetangga dan kerabat. Kami saling bertukar cerita dan menikmati hidangan lezat yang disajikan. Suasana yang hangat dan penuh kasih sayang membuatku merasa bahagia dan bersyukur.

Setelah menyelesaikan kunjungan silaturahmi, aku kembali ke rumah dengan perasaan bahagia dan penuh syukur. Aku berharap, semoga momentum Lebaran Idul Fitri ini bisa membawa berkah dan kebahagiaan bagi keluarga dan seluruh umat Muslim di seluruh dunia.

Minal Aidzin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin Untuk semua Pembaca

Penulis :Arfiani Yulianti Fiyul
Cimahi, 23 April 2023
Hari Kedua Lebaran 1444 H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Tradisi Selengkapnya
Lihat Tradisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun