Salat Teraweh Di Bulan Ramadhan
Cerpen  : Anak Laki-Laki Kecil Dengan Lucunya Membawa Sajadah Ke Masjid Untuk MelaksanakanOleh : Arfiani Yulianti Fiyul
Di sebuah kota kecil sebuah lingkungan pedesaan yang nyaman, hiduplah seorang anak laki-laki kecil yang bernama Adlan. Â Dia adalah seorang anak yang sangat rajin dan taat dalam menjalankan ibadahnya. Khususnya di bulan Ramadhan, Adlan sangat semangat untuk melaksanakan salat teraweh di masjid bersama ayahnya.
Pada suatu malam, Adlan merasa sangat senang karena bisa ikut ayahnya pergi ke masjid untuk melaksanakan salat teraweh. Namun, ketika mereka sudah sampai di masjid, Adlan kaget karena ternyata dia lupa membawa sajadahnya. Â Dia merasa sedih dan kecewa karena tidak bisa melaksanakan salat teraweh dengan khusyuk seperti biasanya.
Tapi Adlan tidak putus asa, dia berpikir untuk mencari cara agar bisa melaksanakan salat teraweh dengan sajadahnya sendiri. Dia berjalan-jalan keliling masjid mencari benda yang bisa dijadikan sajadah, tetapi tidak menemukan apa-apa.
Tiba-tiba, dia teringat bahwa dia membawa handuk kecil untuk membersihkan keringatnya saat bermain. Tanpa pikir panjang, Adlan pun membuka tasnya dan mengambil handuk itu. Dia membukanya dan meletakkannya di lantai masjid sebagai ganti sajadah.
Ayah Adlan bernama Deden  yang melihatnya merasa senang dan bangga melihat kecerdasan anaknya. Kini Adlan  bisa melaksanakan salat teraweh dengan khusyuk dan merasa sangat senang karena bisa mengatasi masalahnya dengan cara kreatif.
Setelah selesai melaksanakan salat teraweh, Adlan berjalan pulang dengan senyum lebar di wajahnya. Dia berjanji untuk tidak lupa membawa sajadah lagi ke masjid dan selalu siap untuk menghadapi masalah dengan cara yang kreatif dan cerdas seperti itu.
Adlan memang anak yang Sholeh.
Penulis, Arfiani Yulianti Fiyul
Cimahi, 16 April 2023
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H