Cara Menstimulasi Pendekatan Saintifik Pada Anak Usia Dini Yang Bermakna dan Menyenangkan
Oleh : Arfiani Yulianti Fiyul      Cimahi, 28 Februari 2023
Sobat pendidik, penulis sering memberi arahan dan pemahaman pada para pendidik yang bernaung di bawah lingkungan Pendidikan anak usia dini.
Penulis menyampaikan pentingnya anak usia dini dalam kegiatan yang "bermakna dan menyenangkan".  Kegiatan yang bermakna dan menyenangkan dapat dilakukan melalui pendekatan saintifik.
Pendekatan saintifik pada anak usia dini adalah cara yang efektif untuk membantu anak-anak memahami dunia di sekitar mereka melalui pengamatan, eksplorasi, dan percobaan.
Sobat pembaca, pada Kurikulum 2013, salah satu pembelajarannya menekankan dengan pendekatan saintifik (Menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia tahun 2014).
Menurut Kemendikbud pendekatan saintifik merupakan pendekatan dalam membangun cara berpikir anak, Â agar anak memiliki kemampuan menalar yang diperoleh melalui proses mengamati, menanya, Â mengumpulkan informasi, Â menalar dan mengkomunikasikan.
Sobat pembaca dengan memperkenalkan pembelajaran pendekatan saintifik pada anak usia dini, diharapkan akan mampu memberikan kontribusi yang positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada anak, Â mengembangkan karakter dan kecerdasan anak sehingga anak mampu memecahkan masalah sederhana.
Berikut adalah beberapa cara untuk merangsang pendekatan saintifik pada anak usia dini
Pertama, Beri kesempatan untuk mengamati