Pentingnya Manajemen Waktu Untuk Lebih Produktif
Oleh : Arfiani Yulianti Fiyul
Adanya manajemen waktu yang baik, maka beberapa kegiatan dapat ter "handle" dengan baik sesuai dengan waktu dan tujuannya.
Kemampuan untuk fokus dan memprioritaskan sebuah tugas adalah kunci bagi siapapun yang ingin mempertahankan produktivitas. Â Karena Masing-masing dari kita tentunya memiliki tugas-tugas yang ingin dan harus dikerjakan dalam beraktivitas sehari-hari. Â Untuk mencapai target dari tugas-tugas yang dikerjakan kita harus paham mengenai manajemen waktu.
Apakah itu manajemen waktu ? Sudah banyak yang mengetahuinya tapi kali penulis hanya ingin mempertegas bahwa manajemen waktu itu adalah "suatu tindakan dimana manusia akan belajar untuk membangun sebuah  kepribadian yang disiplin, kepribadian yang lebih dewasa dan lebih menghargai waktu sehingga tidak ada penyesalan disaat masa yang akan datang".
Sobat pembaca, dimana sifat waktu itu adalah, tidak disengaja, tidak dapat diubah, sesuatu yang dibutuhkan, dapat dihitung dan waktu adalah mutlak. Â Setiap manusia diberikan waktu yang sama yaitu 24 jam setiap harinya, kita tidak dapat merubahnya. Namun hanya bisa mengelola. Â Karena "manajemen waktu adalah jenis keterampilan yang berhubungan dengan segala upaya maupun tindakan seseorang" yang dilakukan secara tersusun agar kita dapat memanfatkan waktunya dengan sedemikian mungkin, Â yaitu dengan waktu yang diberikan adalah 24 jam itu.
Bagaimana Cara Mengelola Waktu 24 Jam Itu Agar Lebih Produktif ?
Agar waktu setiap orang itu dapat digunakan secara efektif dan produktif, Â maka diperlukan manajemen waktu yang baik. Â "Manajemen waktu ini merupakan sebuah kunci yang dapat membantu agar orang lebih sukses dan bahagia" dimana waktu yang dimiliki tidak terbuang dengan tanpa arti atau sia-sia, dan manajemen waktu itu dapat digaris bawahi akan sangat membantu seseorang dalam proses kedisplinan diri atau kedewasaan, mempercepat segala urusan atau tidak ada yang tertunda dan menunda.
Ada kesimbangan antara waktu untuk produktif, dan waktu untuk bersantai dan waktu untuk beristirahat sehingga sesorang akan memiliki hidup lebih mudah, lebih santai dan akan bahagia apabila mengelola waktu dengan baik.
Lalu Bagaimana Caranya ?Â
Pertama, lakukan membuat jadwal kegiatan, disarankan jangan membuat jadwal diotak, buatlah daftar kegiatan dan tuangkan dalam kertas, atau aplikasi pencatat jadwal di smartphone (pasti sudah punya), sehingga kegiatan harian lebih terstruktur.