Mohon tunggu...
Arfa Ramadiya
Arfa Ramadiya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas potensi utama

Universitas Potensi Utama Manajemen Malam B

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pentingnya Membangun Branding bagi UMKM

7 Januari 2025   19:00 Diperbarui: 8 Januari 2025   12:26 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Abstrak

Saat meluncurkan sebuah UMKM, branding UMKM sangat penting. UMKM dapat meningkatkan penjualan dan menarik pelanggan dengan merek sendiri. Dengan membuat website untuk UMKM, membuat platform media sosial, dan memberikan logo yang bermakna, branding UMKM memungkinkan UMKM untuk dikenal oleh masyarakat umum. Tujuannya agar penjual memiliki merek atau merek sendiri, dan dengan logo produk yang dijual, mereka juga dapat dikenal oleh masyarakat umum. Oleh karena itu, logo sangat signifikan dalam UMKM. Agar UMKM memaksimalkan penjualan dan memperkenalkan produknya, maka diharuskan untuk menghasilkan konten untuk UMKM, membuat media sosial UMKM, website UMKM, dan membuat logo baru untuk UMKM.

Pendahuluan

UMKM dapat meningkatkan penjualan dan menyebarkan berita tentang produk mereka dengan merek dagang mereka. Branding UMKM ini dapat meningkatkan pangsa pasar dan didukung oleh teknologi yang semakin canggih. Selain mendongkrak penjualan dan membuat produk lebih dikenal luas, branding juga memiliki keunggulan tambahan. Salah satu sektor ekonomi Indonesia yang berkembang pesat akibat dunia usaha adalah UMKM.
UMKM memiliki kekuatan dan kemampuan untuk mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, tingkat kemiskinan, dan praktik ketenagakerjaan. UMKM harus terus berkembang dan berinovasi agar mampu bersaing di pasar. Logo, nama, istilah, desain, tanda, atau campuran yang ditentukan dan dimaksudkan untuk digunakan dalam branding untuk menciptakan identitas.
Menurut (Arifudin et al., 2021), Branding produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu komponen visual terpenting dari identitas sebuah perusahaan. Melalui branding produk, item UMKM dapat membawa pembaruan dan penyesuaian di berbagai sektor produk atau UMKM.

Menurut (Destrina et al., 2022), memiliki merek sangat penting karena membantu usaha mampu bersaing. Karena logo adalah langkah pertama dalam mengembangkan merek, sebuah bisnis harus mendesainnya dengan cermat.
Warna sama pentingnya dalam desain logo seperti bentuk warna. Ini adalah bentuk lain dari komunikasi nonverbal yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan yang lebih kompleks. Menggabungkan berbagai komponen warna niscaya dapat menghasilkan keserasian, keseimbangan, dan keseimbangan, yang semuanya berdampak pada penjualan.
Pengembangan logo bagi UMKM akan berdampak pada nilai jual produk itu sendiri. Komponen-komponen ini membantu pembeli dalam memvisualisasikan, menggambarkan, dan membedakan barang yang ditawarkan. Kekuatan logo adalah pelanggan akan segera menghubungkannya dengan merek.
Ada banyak jenis logo yang dapat dibuat ketika nama perusahaan disajikan dengan cara yang unik. Salah satu aspek yang paling penting dari sebuah merek untuk dipertimbangkan adalah warna. Bisnis dapat berkembang dengan menggunakan branding yang dinamis di sejumlah media, seperti media sosial dan kemasan.
Menurut (Rezky et al., 2021), UMKM memainkan peran penting dalam menjaga perekonomian negara dan berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja bagi ratusan ribu orang. Menurut (Oscario, 2013), hasil dari beberapa templat logo yang tersedia secara online, banyak logo dijual dengan harga di bawah pasar, dan banyak logo dibuat menggunakan templat standar. Mengapa ini bisa terjadi? Apa sebenarnya tujuan dari sebuah logo? Dengan membaca tulisan ini diharapkan akan terbentuk pertimbangan mengenai pentingnya logo dalam pengembangan branding, serta pertimbangan mengenai branding itu sendiri.
Mayoritas UMKM mulai berjualan tanpa memiliki brand atau merek. Sebuah merek sangat berguna karena membantu bisnis menonjol dari persaingan. Agar konsumen tertarik dengan produk-produk UKM ini, kita perlu memiliki keberanian untuk mencoba hal-hal baru.

Pengertian Branding

Branding adalah proses yang memperkuat penempatan merek di pasar dengan membangun dan menyampaikan merek. Branding suatu produk dapat dilihat dari logo, warna, dan kemasannya, atau dapat dikatakan bahwa kemasan merupakan ciri pembeda suatu produk. Kemasan dapat dianggap sebagai simbol yang akan mendarah daging di masyarakat. Misalnya, iklan sirup Marjan yang menekankan pentingnya menghabiskan waktu bersama keluarga saat berbuka, menarik perhatian pemirsa dan membuat mereka bergegas ke toko untuk membeli sirup Marjan.

Manfaat Branding
Menurut (Destrina et al., 2022), Sebuah merek dapat digunakan untuk memberikan perlindungan hukum terhadap kualitas dan unsur-unsur suatu produk. Sebuah merek juga dapat menawarkan manfaat tambahan untuk branding, seperti membantu UMKM tumbuh dan dikenal masyarakat umum sehingga usaha UMKM dapat terjual habis.

Menurut (Oscario, 2013), mengatakan bahwa signifikansi merek dapat bervariasi tergantung pada situasinya. Merek dapat digunakan sebagai kata kerja atau kata benda tergantung pada konteksnya. Kadang-kadang dapat dihubungkan dengan reputasi, latar belakang, dan harapan pelanggan dari entitas. Sementara itu, (Rustan, 2009) sebuah merek dapat diringkas sebagai kumpulan asosiasi dan pengalaman dengan organisasi tertentu.

Untuk membangun brand yang sukses, seorang UMKM harus terlebih dahulu memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan serta cara pandang UMKM tersebut. Merek dagang juga mempunyai manfaat dalam memberikan perlindungan hukum terhadap seluruh fitur dan aspek suatu produk; Merek dagang dapat memberikan kekayaan intelektual atau hak kepemilikan serta memberikan perlindungan hukum kepada pemilik merek dan konsumen. Merek dapat sangat mempengaruhi keputusan pembelian (Horan, O'Dwyer, & Tiernan, 2011). Dalam membuat sebuah brand atau bisnis, ada beberapa hal yang harus direncanakan yaitu mendesain identitas pada sebuah produk seperti logo, kemasan, signage, seragam company profile dan masih banyak lagi (Suciarto, 2018).
Logo merupakan gambaran grafis yang berbentuk ideogram, symbol, emblem, ikon, tanda yang digunakan sebagai lambing sebuah brand (Wahdaniah, Toni, & Ritonga, 2020). Logo merupakan atribut utama yang dapat terlihat secara fisik. Membuat logo yang baik dan benar juga harus dapat memberikan atribut non fisik yang merupakan usaha dari brand (visi, misi, nilai dan budaya) (Sintakarini et al., 2023). Kemasan adalah wadah untuk produk yang meliputi penampilan fisik wadah, termasuk warna, desain, bentuk, pelabelan, dan bahan yang digunakan (Resmi & Wismiarsi, 2015).

Merek yang kuat sangat berharga dalam persaingan memperebutkan pelanggan dan sepadan dengan waktu yang kita investasikan dalam meneliti, mendefinisikan, dan membangun merek kita. Merek merupakan kombinasi atribut, yang dikomunikasikan melalui nama atau simbol, yang dapat mempengaruhi proses pemilihan produk atau jasa di benak konsumen (Rufaidah, Padjadjaran, & Rufaidah, 2015). Pandangan lain dari Schultz: “Jadi itulah yang kami maksud dengan merek: sesuatu yang dapat diidentifikasi oleh pembeli dan penjual dan menciptakan nilai bagi keduanya,” yaitu merek adalah sesuatu yang dapat diidentifikasi oleh pembeli dan penjual.sehingga menciptakan nilai bagi keduanya (Schultz, 2000). Menurut Susanto dan Wijanarko, merek adalah suatu nama atau simbol yang melekat pada suatu produk atau jasa dan menimbulkan makna atau asosiasi psikologis yang mengarah pada kesimpulan bahwa merek adalah suatu identitas yang berupa nama atau simbol yang mempengaruhi proses pemilihan produk atau jasa, membedakannya dengan produk pesaing, dan mempunyai nilai bagi pembeli dan penjual (Susanto dan Wijanarko, 2004)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun