Mohon tunggu...
Arfan Maulana palippui
Arfan Maulana palippui Mohon Tunggu... Penulis - Partikel paling peling kecil dari mimpi yang menyukai biru laut dan pekat kopi.

Pernah menjadi mahasiswa asing. Sekarang tidak menjadi apa-apa.

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Tuhan, Apakah Aku Sudah Manusia?

7 Desember 2018   01:01 Diperbarui: 7 Desember 2018   01:40 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Tuhan. Apakah aku sudah manusia ?

Jika setiap hari memikirkan mati ?

Apakah aku sudah manusia.
Jika setiap hari merasa benar karena dalih?
Lalu merasa bersalah karena asumsi?

Apakah aku sudah manusia.
Jika pernah merasakan patah hati, tapi setiap saat tak sadar menyakiti?

Apakah aku sudah manusia.
Berdoa dan meminta ampun tapi masih mengulangi?


Apakah aku sudah manusia.
Memakai agama untuk mendiskriminasi?
Memanggil nama dengan memaki?

Lalu sembunyi dengan dalih manusiawi?

Apa aku sudah manusia?
Dengan telunjuk menunjuk surga tapi selangkangan menyembunyikan dusta?

Apakah aku sudah manusia Tuhan?
Menyangkal neraka tapi menghitung kebaikan untuk masuk surga?

Aku sudah manusia. 

Manusia yang merasa manusia ketika dekat dengan Tuhan.
Aku sudah manusia di mata manusia.
Tapi, Tuhan bagaimana denganmu. Manusia kah aku?

Jumat, 7 Desember 2018.

Makassar. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun