Mohon tunggu...
Ares Faujian
Ares Faujian Mohon Tunggu... Guru - Guru SMA Negeri 1 Manggar Prov. Kep. Bangka Belitung

Saya berprofesi sebagai guru Sosiologi di SMA Negeri 1 Manggar dan juga aktif sebagai penulis serta editor buku/ artikel di Kep. Bangka Belitung. Selain pernah mendapatkan penghargaan literasi dari Bupati Belitung Timur hingga Ketua DPRD Belitung Timur tahun 2020. Beberapa prestasi dan apresiasi yang pernah saya raih di tingkat regional dan nasional, yaitu: (1) Lulus seleksi dan dipilih sebagai Fasilitator Literasi Baca-Tulis Tk. Regional Sumatra oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemdikbud RI tahun 2019; (2) Terbaik/ Juara III Nasional Guru Dedikatif dan Inovatif Kemdikbud RI tahun 2020, sehingga diapresiasi pula menjadi Agen Penguatan Karakter (APK) oleh Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kemdikbud RI tahun 2020; (3) Anugerah Pegiat Literasi “Parasamya Suratma Nugraha” oleh Yayasan Komunitas Pengajar Penulis Jawa Barat tahun 2021; (4) Penghargaan ”10 Penulis Terbaik Kompetisi Opini Tingkat Nasional” oleh Masyarakat Linguistik Indonesia (MLI) Tahun 2022.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Eksistensi Kepemimpinan Murid dalam Pengejawantahan Profil Pelajar Pancasila (Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 Pendidikan Guru Penggerak)

21 Mei 2023   12:01 Diperbarui: 21 Mei 2023   14:35 935
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurnal kali ini adalah jurnal perjalanan mengakhiri modul 3.2 dan memasuki modul 3.3. Dalam mempelajari modul-modul ini, kami Calon Guru Penggerak (CGP) menggunakan alur MERDEKA. Alur ini terdiri dari: 1) Mulai dari Diri; 2) Eksplorasi Konsep; 3) Ruang Kolaborasi; 4) Demonstrasi Kontekstual; 5) Elaborasi Pemahaman; 6) Koneksi Antar Materi; dan 7) Aksi Nyata.

Khusus modul 3.2 tentang Pemimpin sebagai Pengelola Sumber Daya, penulis tidak akan spesifik menceritakan hal yang sudah dideskripsikan pada jurnal sebelumnya. Tambahan kegiatan pada jurnal ini tentang modul 3.2 hanya pelaksanaan Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, dan Aksi Nyata. Sehingga penulis hanya menceritakan pengalaman pembelajaran lebih pada modul 3.3 tentang Pengelolaan Program Berdampak Positif Pada Murid.

Model refleksi yang dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009) dan diberi nama Description, Examination, and Articulation of Learning atau disingkat DEAL ini menjadi model yang saya tuliskan di jurnal ini. Dalam model ini, Description memiliki refleksi pengalaman 5WIH (what, when, where, why, who and how). Lalu, bagian Examination memiliki arti sebagai analisis pengalaman dengan membandingkannya terhadap tujuan/ rencana yang telah dibuat sebelumnya. Pada fase Articulation of Learning, tahap ini menjelaskan hal-hal yang dipelajari dan rancangan untuk perbaikan di masa mendatang.

DESCRIPTION

Modul 3.3 tentang Pengelolaan Program Berdampak Positif Pada Murid diharapkan berkontribusi untuk mencapai kompetensi lulusan sebagai berikut: 1) Calon Guru Penggerak (CGP) mampu menggerakkan komunitas sekolah untuk bersama-sama mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan berlandaskan nilai-nilai kebajikan universal; 2) CGP melakukan pendampingan kepada  seluruh komunitas sekolah untuk dapat menggunakan pendekatan reflektif dan iteratif dalam mengelola program dan sumber daya sekolah; 3) CGP merencanakan, menginisiasi dan mengorganisasi kerangka program pengembangan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid berbasis data dan bukti; 4) CGP memfasilitasi pelibatan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah untuk peningkatan kualitas belajar murid.

Mengapa modul 3.3 ini memiliki tujuan-tujuan detail? Hal ini dilakukan agar didapatkan kompetensi lulusan (CGP) yang bisa menunjukkan pemahaman tentang konsep kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila. Selanjutnya, menunjukkan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan suara, pilihan, dan kepemilikan murid. Kemudian, menganalisis sejauh mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dipertimbangkan dalam program intrakurikuler/ kokurikuler/ ekstrakurikuler sekolah untuk mewujudkan lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.

Selain itu, CGP juga diharapkan mampu mengidentifikasi strategi pelibatan komunitas dalam program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid. Tidak hanya itu, CGP juga diharapkan mampun merancang sebuah prakarsa perubahan di sekolah dalam bentuk sebuah program/ kegiatan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid dengan menggunakan model prakarsa perubahan yang disebut dengan BAGJA.

Untuk mencapai tujuan-tujuan dan kompetensi lulusan CGP tersebut, dibuatlah alur pembelajaran MERDEKA. Alur pembelajaran ini didesain oleh Kemdikbud-Ristek RI sebagai langkah supaya pendidik yang mengikuti program ini bisa menjadi pengelola program yang berdampak positif pada murid. Alur ini terdiri dari:

  • Mulai dari Diri;
  • Eksplorasi Konsep;
  • Ruang Kolaborasi;
  • Demonstrasi Kontekstual;
  • Elaborasi Pemahaman;
  • Koneksi Antar Materi;
  • Aksi Nyata.

Dalam pendalaman materi ini, selain CGP, ada keterlibatan Fasilitator, yaitu Ibu Guslaini, selama pembelajaran berlangsung (6 s.d 20 Mei 2023) di semua alur. Saat ini proses pembelajaran akan memasuki alur Ruang Kolaborasi (22-23 Mei 2023) dan dilanjutkan dengan alur-alur lainnya yang akan dituliskan pada jurnal refleksi dwi mingguan selanjutnya (3 Juni 2023).

EXAMINATION

Khusus modul 3.2 tentang Pemimpin sebagai Pengelola Sumber Daya, penulis tidak akan spesifik menceritakan hal yang sudah dideskripsikan pada jurnal sebelumnya. Tambahan kegiatan pada jurnal ini tentang modul 3.2 hanya pelaksanaan Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman (instruktur nasional: Bpk. Jarot Suseno, M.Pd.Si), Koneksi Antar Materi, dan Aksi Nyata (kolaborasi warga sekolah tentang kekuatan/ aset). Penulis mendeskripsikan pengalaman pembelajaran lebih pada modul 3.3 tentang Pengelolaan Program Berdampak Positif Pada Murid.

Tonton video: Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 - Ares Faujian

Baca artikel: Koneksi Antar Materi Modul 3.2 - Ares Faujian

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun