Mohon tunggu...
Ares Faujian
Ares Faujian Mohon Tunggu... Guru - Guru SMA Negeri 1 Manggar Prov. Kep. Bangka Belitung

Saya berprofesi sebagai guru Sosiologi di SMA Negeri 1 Manggar dan juga aktif sebagai penulis serta editor buku/ artikel di Kep. Bangka Belitung. Selain pernah mendapatkan penghargaan literasi dari Bupati Belitung Timur hingga Ketua DPRD Belitung Timur tahun 2020. Beberapa prestasi dan apresiasi yang pernah saya raih di tingkat regional dan nasional, yaitu: (1) Lulus seleksi dan dipilih sebagai Fasilitator Literasi Baca-Tulis Tk. Regional Sumatra oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemdikbud RI tahun 2019; (2) Terbaik/ Juara III Nasional Guru Dedikatif dan Inovatif Kemdikbud RI tahun 2020, sehingga diapresiasi pula menjadi Agen Penguatan Karakter (APK) oleh Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kemdikbud RI tahun 2020; (3) Anugerah Pegiat Literasi “Parasamya Suratma Nugraha” oleh Yayasan Komunitas Pengajar Penulis Jawa Barat tahun 2021; (4) Penghargaan ”10 Penulis Terbaik Kompetisi Opini Tingkat Nasional” oleh Masyarakat Linguistik Indonesia (MLI) Tahun 2022.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kekuatan Energi Nilai dan Peran Guru Penggerak (Sebuah Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 Pendidikan Guru Penggerak)

20 November 2022   15:29 Diperbarui: 19 Februari 2023   22:59 599
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kelompok Fasilitator Ibu Guslaini PGP7 Beltim pada Kegiatan Koordinasi Teknis PGP7 di Pulau Belitung. Sumber: Dokumentasi Ares Faujian, 2022.

Setelah melaksanakan pembelajaran pada modul 1.1 tentang Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara (KHD) di Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 (PGP7) Kab. Belitung Timur, saatnya kini para guru-guru yang lulus seleksi ini memaknai arti pentingnya nilai dan peran Guru Penggerak (modul 1.2). 

Ini bukan hanya menyoal apa dan seberapa banyak ihwal nilai dan peran tersebut. Akan tetapi, bagaimana nilai dan peran tersebut dapat tumbuh serta berkembang di dalam diri Calon Guru Penggerak (CGP). Sehingga dengan mempelajari modul 1.2, para CGP diharapkan mampu mengaplikasikannya minimal di kelas, dengan mengakar pada filosofi KHD yang telah ia pelajari pada modul 1.1 sebelumnya.

Pada jurnal dwi mingguan yang kedua ini, saya mendeskripsikannya dengan berpedoman pada model 4F (Dr. Roger Greenaway). Model ini meliputi empat bagian yang saling berhubungan dan menarik sebagai cerita konstruksi pembelajaran, yakni:  1) Fact; 2) Feeling; 3) Findings; dan 4) Future.

FACTS (PERISTIWA)

Setelah menyelesaikan modul 1.1, saya akhirnya mengerti pola kontinuitas pembelajaran pada PGP7 ini. Pola PGP7 ini menekankan pada strategi MERDEKA, yakni: 1) Mulai dari Diri; 2) Eksplorasi Konsep; 3) Ruang Kolaborasi; 4) Demonstrasi Kontekstual; 5) Elaborasi Pemahaman; 6) Koneksi Antarmateri; dan 7) Aksi Nyata. Setiap tahap pada alur MERDEKA ini memiliki tingkat tantangan yang berbeda-beda. Ketika setiap modul kita lalui melalui alur ini, maka secara keberlanjutan kita akan tahu dan paham pola pasang-surut dalam proses pembelajaran di PGP ini.

Menurut saya, tahap Mulai dari Diri dan Eksplorasi Konsep merupakan ihwal yang terberat pada modul 1.2 ini. Bukan hanya terkait bahan atau materi yang harus dibaca dan ditelaah. Namun seorang CGP wajib memberikan umpan balik dari 22 halaman yang ada di LMS untuk sesi modul 1.2 ini. Jumlah yang lebih banyak dari modul 1.1.

Selain itu, bagian implementasi dari perencanaan di Ruang Kolaborasi melalui Aksi Nyata ini juga patut menjadi perhatian. Karena pada waktu diskusi di Ruang Kolaborasi, perencanaan program kelompok saya (kelompok B) diapresiasi dan dianggap memiliki ekspektasi yang tinggi. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang kami lakukan bukan hanya tingkat kelas, namun sudah melibatkan partisipasi sekolah lain, guru lain di luar daerah, bahkan pada realitanya, pendaftarnya sudah skala nasional.


Kegiatan ini kami laksanakan berpusat di Belitung Timur (Kamis, 17/11/22), dengan konsep gelar webinar dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2022. Kelompok kami yang melaksanakan kegiatan ini terdiri dari yang dari saya, Ares Faujian, selanjutnya Tri Atma Dewi dan Giovani Aldia. Acara ini dibuka secara resmi oleh Bpk. Sarjano selaku Kepala Dinas Pendidikan Kab. Belitung Timur pada pkl. 09.00 WIB.

Kegiatan dengan narasumber Andika Syahputra selaku Guru BK SMAN Titian Teras Prov. Jambi dan Juara Nasional Guru Inspiratif Kemdikbud ini mengambil tema “Mengenal Kecerdasan dan Keistimewaan Anak”. Dalam webinar ini, dihadiri sekitar 100 orang, yakni 60 akun per orangan dan 2 akun perwakilan sekolah yang nonton bersama di sekolahnya masing-masing, yaitu SMP Negeri 1 Damar dan TK Baptist Manggar. Selain dari Belitung Timur, peserta webinar ini ada yang berasal dari berbagai daerah di nusantara, seperti pulau Bangka, Cilegon, Bima, Padang Panjang, Sidoarjo, hingga Gresik.

Nonton Bersama Webinar
Nonton Bersama Webinar "Mengenal Kecerdasan & Keistimewaan Anak" di SMPN 1 Damar. Sumber: Dokumentasi Kelompok B PGP7 Beltim, 2022

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun