Perencanaan komunikasi berasal dari dua kata yang memiliki arti yang berbeda. Yakni, “perencanaan” dan “komunikasi” .perencanaan adalah sebuah pemikiran yang matang terhadap semua hal dan tindakan yang akan dilakukan diwaktu dan masa yang akan datang. Sedangkan komunikasi adalah sebuah interaksi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dalam melakukan perbincangan atau pertukaran informasi secara lisan maupun non lisan baik secara langsung maupun tidak langsung. Jadi yang dimaksud dengan perencanaan komunikasi adalah serangkaian tindakan tentang bagaimana suatu kegiatan komunikasi harus dilakukan agar kegiatan komunikasi tersebut berjalan sesuai dengan tujuan yang sudah ditentukan. Perencanaan komunikasi dapat dijadikan dasar untuk melakukan komunikasi sosial dalam lingkungan masyarakat, contohnya seperti memperkenalkan dan memasarkan suatu produk.
Dalam melakukan perencanaan komunikasi ada beberapa tahap yang harus di lewati, yakni sebagai berikut:
- Mengidentifikasi masalah
- Merumuskan tujuan yang akan dicapai
- Menetapkan perencanaan operasional
- Menyusun rencana evaluasi, dan
- Merekomendasikan komunikasi tersebut.
Dalam proses identifikasi masalah, kita perlu mengumpulkan fakta-fakta dan sumber informasi tentang sasaran komunikasi yang akan dituju, agar komunikasi yang kita lakukan berjalan dengan lancar dan mudah dipahami oleh komunikan atau pendengar. Misalnya jika kita akan berkomunikasi pada lingkungan masyarakat hendaklah kita memakai bahasa-bahasa yang umum bukan bahasa-bahasa formal yang digunakan dalam situasi atau kondisi tertentu.
Selain itu, untuk menunjang keberhasilan dalam melakukan perencanaan komunikasi, maka kita perlu memahami beberapa hal yang terdapat dalam suatu kegiatan komunikasi antara lain sebagai berikut:
- Komunikator, yaitu orang yang akan menyampaikan suatu informasi maupun pesan dalam kegiatan tersebut.
- Pesan, yaitu sesuatu yang akan dibahas atau disampaikan baik berupa informasi maupun ide.
- Media yaitu seluruh alat yang digunakan sebagai sarana komunikasi
- Komunikan atau yang biasa disebut dengan audience, yaitu pihak pendengar yang menrima informasi dan pesan yang disampaikan.
- Umpan balik yaitu respon dari komunikan atau pendengar terhadap informasi dan pesan yang diterimanya.
Jadi komunikator dan komunikan harus bekerja sama dengan baik agar pesan dan informasi yang disampaikan oleh komunikator lebih mudah dipahami oleh komunikan.
wassalam..................
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI