Mohon tunggu...
Ardi Bagus Prasetyo
Ardi Bagus Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan

Seorang Pengajar dan Penulis lepas yang lulus dari kampung Long Iram Kabupaten Kutai Barat. Gamers, Pendidikan, Sepakbola, Sastra, dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tantangan-Tantangan Guru dalam Upaya Penguatan Literasi terhadap Anak

3 Oktober 2024   19:00 Diperbarui: 3 Oktober 2024   19:03 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Literasi merupakan fondasi penting bagi perkembangan anak, dan guru memiliki peran kunci dalam penguatannya. Namun, berbagai tantangan di lingkungan sekolah sering menghalangi upaya ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tantangan utama yang dihadapi guru dalam meningkatkan uliterasi anak.

 1. Keterbatasan Sumber Daya

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi guru adalah keterbatasan sumber daya. Banyak sekolah, terutama di daerah terpencil, tidak memiliki akses ke bahan bacaan yang memadai. Kurangnya buku, perpustakaan yang minim, dan teknologi yang terbatas menghambat proses pembelajaran. Tanpa akses ke materi yang beragam, siswa sulit untuk mengembangkan minat dan keterampilan literasi mereka.

 2. Keragaman Kemampuan Siswa

Setiap siswa memiliki latar belakang dan kemampuan yang berbeda-beda. Di dalam satu kelas, terdapat siswa yang memiliki kemampuan membaca tinggi dan yang masih kesulitan. Guru sering kali kesulitan untuk memenuhi kebutuhan semua siswa secara merata. Perbedaan ini memerlukan pendekatan yang berbeda dalam pengajaran, yang sering kali menyita waktu dan tenaga guru.

 3. Tekanan Kurikulum

Kurikulum yang padat dan tuntutan untuk mencapai standar tertentu dapat menjadi beban bagi guru. Dengan banyaknya materi yang harus diajarkan, sering kali penguatan literasi terabaikan. Guru mungkin merasa terpaksa untuk fokus pada konten yang dapat diujikan, alih-alih memberikan perhatian yang cukup pada pengembangan keterampilan literasi yang mendalam.

 4. Kurangnya Pelatihan Profesional

Banyak guru merasa kurang siap untuk mengajarkan literasi secara efektif. Kurangnya pelatihan profesional yang berkelanjutan dalam metode pengajaran literasi membuat mereka kesulitan untuk menerapkan strategi yang efektif. Pelatihan yang tidak memadai juga menghambat kemampuan mereka untuk menggunakan teknologi dan sumber daya modern dalam pengajaran.

 5. Minat dan Motivasi Siswa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun