Mohon tunggu...
Ardi Bagus Prasetyo
Ardi Bagus Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan

Seorang Pengajar dan Penulis lepas yang lulus dari kampung Long Iram Kabupaten Kutai Barat. Gamers, Pendidikan, Sepakbola, Sastra, dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bagaimana Mengenal Karakteristik Buku Teks yang Baik serta Menyesuaikan Lokalitas Peserta Didik?

24 Agustus 2024   22:57 Diperbarui: 24 Agustus 2024   23:00 271
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Buku teks yang baik dan relevan bagi keadaan zaman peserta didik saat ini adalah buku yang tidak hanya memenuhi standar kurikulum, tetapi juga mampu mengakomodasi kebutuhan, minat, dan tantangan yang dihadapi siswa dalam era digital. 

Buku teks semacam ini harus dirancang dengan materi yang up-to-date, mengintegrasikan teknologi dan informasi terbaru, serta menyajikan konten yang kontekstual dan aplikatif bagi kehidupan sehari-hari. 

Selain itu, buku teks yang baik harus mendukung pembelajaran aktif dan kolaboratif, dengan menyediakan berbagai latihan interaktif, studi kasus, dan proyek yang melibatkan siswa dalam proses belajar secara langsung. 

Visualisasi yang menarik, bahasa yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa, serta inklusivitas terhadap keberagaman budaya dan latar belakang sosial siswa juga menjadi ciri penting dari buku teks yang relevan di era modern ini. 

Dengan demikian, buku teks tersebut dapat menjadi alat yang efektif untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi dinamika zaman mereka.

Mengapa buku teks harus menarik dan mengapa pula buku teks harus up to date dengan keadaan peserta didik saat ini?

Ya, buku teks harus menarik dan perlu selalu up to date dengan keadaan zaman peserta didik saat ini. Ada beberapa alasan penting mengapa hal ini perlu diperhatikan:

 1. Menarik Minat dan Motivasi Siswa:

   Buku teks yang menarik, baik dari segi visual maupun penyajian konten, dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar. Desain yang menarik, penggunaan ilustrasi yang relevan, serta gaya bahasa yang mudah dipahami dapat membuat materi pelajaran lebih menyenangkan dan lebih mudah dipahami oleh siswa. Ketika siswa tertarik dengan apa yang mereka baca, mereka cenderung lebih termotivasi untuk belajar dan mendalami materi.

 2. Relevansi dengan Kehidupan Siswa:

   Buku teks yang up to date mencerminkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan konteks sosial yang sedang berlangsung. Ini penting karena siswa hidup di era digital dan terhubung dengan berbagai informasi melalui teknologi. Jika buku teks tidak relevan dengan kenyataan yang mereka hadapi sehari-hari, siswa mungkin merasa materi tersebut kurang berguna atau tidak menarik. Buku yang up to date membantu siswa melihat keterkaitan antara apa yang mereka pelajari dengan dunia nyata, serta memahami bagaimana pengetahuan itu dapat diaplikasikan dalam kehidupan mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun