Mohon tunggu...
Ardi Bagus Prasetyo
Ardi Bagus Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan

Seorang Pengajar dan Penulis lepas yang lulus dari kampung Long Iram Kabupaten Kutai Barat. Gamers, Pendidikan, Sepakbola, Sastra, dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Ragam Pelajaran Berharga yang Didapatkan Seorang Guru Kala Mengajari Anak Berkebutuhan Khusus

4 Juni 2024   08:51 Diperbarui: 4 Juni 2024   09:18 365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(https://www.wajibbaca.com/2018/07/anak-berkebutuhan-khusus.html)

Jika berbicara tentang sekolah inklusi, maka pembahasan kita tentu tak akan lepas dari apa yang dinamakan pengajaran anak berkebutuhan khusus (ABK). Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki perbedaan dalam perkembangan atau kemampuan dibandingkan dengan teman sebayanya, sehingga memerlukan perhatian dan dukungan tambahan untuk mencapai perkembangan optimal. 

Pada dasarnya kebutuhan khusus tersebut bisa bersifat fisik, seperti tunanetra atau tunarungu; intelektual, seperti gangguan belajar atau keterbelakangan mental; emosional dan perilaku, seperti ADHD atau gangguan spektrum autisme; maupun kesehatan kronis, seperti diabetes atau epilepsi. Anak-anak ini memerlukan pendekatan pendidikan yang disesuaikan, yang dapat mencakup modifikasi kurikulum, penggunaan alat bantu khusus, atau intervensi terapi untuk mendukung proses belajar dan perkembangan mereka.

Guru pengajar anak berkebutuhan khusus memiliki peran yang sangat penting dan krusial dalam dunia pendidikan. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap siswa, terlepas dari keterbatasan atau kebutuhan khusus yang dimiliki, mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang. Guru ini tidak hanya memberikan instruksi akademis, tetapi juga mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa. 

Mereka menggunakan pendekatan yang beragam dan individual, menyesuaikan metode pengajaran, dan memanfaatkan teknologi serta alat bantu untuk memenuhi kebutuhan spesifik setiap siswa. Selain itu, mereka berkolaborasi dengan orang tua, spesialis, dan staf sekolah lainnya untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung. 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan oleh Guru Pengajar Anak Berkebutuhan Khusus

(https://www.prestasiglobal.id/strategi-mengajarkan-anak-berkebutuhan-khusus)
(https://www.prestasiglobal.id/strategi-mengajarkan-anak-berkebutuhan-khusus)

Guru pengajar anak berkebutuhan khusus memainkan peran yang sangat penting dalam memastikan bahwa setiap anak mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh guru pengajar anak berkebutuhan khusus:

Pemahaman tentang Kebutuhan Individu: Guru harus memahami secara mendalam kebutuhan khusus setiap siswa. Ini termasuk pengetahuan tentang jenis kebutuhan khusus (misalnya, autisme, ADHD, disabilitas fisik) dan bagaimana kebutuhan ini mempengaruhi proses belajar.

Pendekatan Diferensiasi: Guru perlu menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi dan fleksibel untuk menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan, kekuatan, dan kelemahan masing-masing siswa. Hal ini bisa mencakup modifikasi kurikulum, penggunaan alat bantu, atau pendekatan multisensori.

Penggunaan Alat Bantu dan Teknologi: Guru harus memanfaatkan teknologi dan alat bantu yang dapat membantu anak berkebutuhan khusus dalam belajar. Ini bisa berupa perangkat lunak khusus, alat komunikasi alternatif, atau peralatan fisik yang membantu mobilitas dan interaksi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun