Mohon tunggu...
Ardi Bagus Prasetyo
Ardi Bagus Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan

Seorang Pengajar dan Penulis lepas yang lulus dari kampung Long Iram Kabupaten Kutai Barat. Gamers, Pendidikan, Sepakbola, Sastra, dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengenal 10 Kecerdasan Manusia dan Fungsinya Bagi Seorang Guru

2 Maret 2024   07:00 Diperbarui: 2 Maret 2024   07:01 881
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kecerdasan mencakup lebih dari sekadar kemampuan akademis atau kecerdasan intelektual. Ini adalah kualitas kompleks yang melibatkan kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan menanggapi lingkungan sekitar dengan bijaksana. Kecerdasan melibatkan sejumlah dimensi, termasuk kemampuan kognitif, emosional, sosial, dan praktikal. Seseorang yang cerdas mungkin memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dengan baik, berkomunikasi secara efektif, memahami dan mengelola emosi, beradaptasi dengan perubahan, dan memiliki kepekaan terhadap orang lain. Ini bukan hanya tentang pengetahuan dan keahlian teknis, tetapi juga tentang kemampuan untuk menggunakan pengetahuan tersebut dengan cara yang produktif dan bijak dalam berbagai konteks kehidupan. Kecerdasan juga dapat berkembang seiring waktu melalui pembelajaran, pengalaman hidup, dan interaksi dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, pengertian kecerdasan mencakup aspek integral dari kehidupan sehari-hari yang mencerminkan kemampuan holistik individu untuk berhasil dan berkembang.


Lebih lanjut, terdapat beberapa teori yang mengajukan pandangan berbeda mengenai kecerdasan manusia. Di antara teori-teori tersebut, teori multiple intelligences (MI) karya Howard Gardner dan teori kecerdasan g (general intelligence) oleh Charles Spearman adalah dua teori yang cukup terkenal. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai kedua teori tersebut:

Teori Multiple Intelligences (MI) - Howard Gardner:
Howard Gardner mengusulkan bahwa kecerdasan manusia tidak dapat diukur hanya melalui tes IQ atau ujian akademis saja. Gardner mengidentifikasi beberapa jenis kecerdasan yang independen satu sama lain. Versi awal teorinya mencakup tujuh kecerdasan, yaitu kecerdasan linguistik, logis-matematis, visual-ruang, kinetik-badan, musikal, interpersonal, dan intrapersonal. Belakangan, Gardner menambahkan kecerdasan naturalis dan eksistensial. Teori ini menekankan keberagaman dan kompleksitas kecerdasan manusia.
Teori Kecerdasan Umum (g) - Charles Spearman:
Charles Spearman memperkenalkan konsep "g" atau kecerdasan umum yang mencakup kecerdasan intelektual umum yang mempengaruhi semua jenis tugas kognitif. Menurutnya, ada faktor inti atau kecerdasan umum yang memengaruhi kinerja dalam berbagai konteks. Selain "g", Spearman juga mengidentifikasi "s" atau faktor khusus yang memengaruhi kinerja pada tugas-tugas tertentu. Meskipun teori ini mendukung adanya kecerdasan umum, kritik telah muncul terkait keberagaman dalam kecerdasan yang tidak sepenuhnya dijelaskan oleh "g."

Berdasarkan teori tersebut, dapat kita tarik sebuah benang merah bahwasannya kecerdasan seseorang merupakan sebuah aspek intelektual yang mana hal tersebut dapat lahir dari beberapa sebab mulai dari faktor genetika, bakat alami, hingga proses latihan dengan macam dan jenis yang berbeda.


Kecerdasan manusia dapat dibagi menjadi berbagai jenis, dan Howard Gardner, seorang psikolog, mengemukakan teori kecerdasan majemuk yang mencakup beberapa jenis kecerdasan. Berikut adalah 10 jenis kecerdasan yang diakui oleh beberapa ahli:

Kecerdasan Linguistik (Verbal):
Kemampuan untuk memahami dan menggunakan bahasa dengan baik, termasuk keterampilan berbicara, menulis, dan berkomunikasi secara efektif.

Kecerdasan Logis-Matematis:
Kemampuan untuk memahami pola, logika, dan hubungan matematis. Orang dengan kecerdasan ini biasanya baik dalam pemecahan masalah dan pemikiran analitis.

Kecerdasan Visual-Ruang (Spasial):
Kemampuan untuk memahami dan memanipulasi objek dalam ruang. Ini mencakup kemampuan untuk memvisualisasikan objek dan perubahan dalam ruang.

Kecerdasan Kinetik (Bodily-Kinesthetic):
Kemampuan untuk menggunakan tubuh dengan baik dan berkoordinasi secara fisik. Orang dengan kecerdasan ini cenderung mahir dalam aktivitas fisik dan olahraga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun