Mohon tunggu...
Ardi Bagus Prasetyo
Ardi Bagus Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan

Seorang Pengajar dan Penulis lepas yang lulus dari kampung Long Iram Kabupaten Kutai Barat. Gamers, Pendidikan, Sepakbola, Sastra, dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Benarkah Nilai Rapor Bukanlah Segalanya?

27 Oktober 2023   10:21 Diperbarui: 28 Oktober 2023   08:12 746
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sejumlah siswa sekolah dasar (SD) di lingkar Gunung Sinabung berbaris di halaman sekolah untuk menerima rapot kenaikan kelas di Desa Naman Teran, Karo, Sabtu (20/6/2015). (TRIBUN MEDAN/DEDY SINUHAJI

Saat yang ditunggu peserta didik telah tiba, apa itu? Jawabnya bukan saja liburan, selain itu masih ada yang ditunggu yakni hari dilaksanakannya pembagian rapor. 

Secara garis besar, rapor sendiri merupakan sebuah instrumen yang digunakan dalam satuan pendidikan untuk memaparkan hasil evaluasi atau penilaian peserta didik selama satu semester yang dijabarkan ke dalam tiga tingkatan kelas yakni dimulai dari kelas 7, 8, dan 9 untuk SMP, 10, 11, dan 12 untuk SMA, dan tingkat SD dengan indikator yang berbeda pula.

Selama ini, kita tak banyak menampik bahwa hasil nilai yang ada pada rapor peserta didik atau anak-anak kita telah menjadi acuan utama dalam mengetahui tingkat kemajuan atau perkembangan peserta didik. 

Padahal pada dasarnya, sebagian besar nilai yang diperoleh atau bahkan hampir keseluruhan hanyalah sebatas angka yang sifatnya fluktuatif dan relatif dan belum tentu menjawab realita yang ada di lapangan. 

Akibatnya, banyak anak yang merasa tertekan ketika hasil nilai rapornya rendah atau kurang bersaing dengan teman-teman lainnya di kelas.

Sebagai orangtua kita sepatutnya mengerti dengan perkembangan buah hati baik di rumah maupun di sekolah. Kita tak bisa menyalahkan sepenuhnya atas apapun hasil rapor yang diperoleh adalah hasil dari kurang belajarnya anak-anak di rumah. 

Lebih dari itu, anak-anak memang memiliki kecerdasan dan keterampilan yang berbeda. Sekolah melalui guru-guru yang ada di dalamnya sudah bertanggung jawab akan hal itu. Sebagai guru, tugas kita lah yang seharusnya dapat mewadahi dan memfasilitasi bakat dan minat anak baik akademik maupun nonakademik.

Ada sebuah ilustrasi yang menyampaikan bahwa Si A menyukai pelajaran yang berkaitan dengan kesenian. Sementara si B justru menyukai hal-hal yang berkaitan dengan olahraga dan hitung-hitungan namun tak menyukai hal-hal yang berhubungan dengan seni ataupun sastra. 

Dari dua hal yang bertolak belakang di atas, tentu kita bisa membayangkan jika rapor anak yakni si A nilainya akan lebih tinggi kesenian daripada matematika, olahraga, maupun sains. Sementara si B, justru sebaliknya. 

Dari paparan nilai tersebut, ada sebagian dari orangtua yang menganggap kekurangan si anak dalam matematika justru menjadi sebuah kekurangan atau bahkan kebodohan yang tak dapat ditoleransi. 

Padahal jika kita perhatikan bersama, dengan melihat hasil rapor si A yang nilai keseniannya lebih tinggi maka secara tidak langsung akan membuka jalan pikiran kita serta memberikan wadah bagi anak untuk menggeluti dan fokus mendalami bidang kesenian yang berguna bagi masa depannya.

Dari contoh ilustrasi di atas, bisa kita pahami bahwa pada dasarnya nilai rapor memang menjadi penentu keberhasilan akademik peserta didik namun bukan menjadi jaminan bahwa masa depan anak akan sesuai dengan nilai rapor. 

Maka dari itu, sebagai guru dan orangtua kita bisa saling bersinergi untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik bahwa ada hal esensial dari sebuah nilai yang tercantum pada rapor belajar.

((https://sdmupat.sch.id/pembagian-raport-semester-ganjil-tahun-ajaran-2020-2021)
((https://sdmupat.sch.id/pembagian-raport-semester-ganjil-tahun-ajaran-2020-2021)

Nilai rapor pada hakikatnya adalah suatu capaian belajar yang dapat digunakan sebagai tolak ukur dalam upaya untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam belajar selama satu semester. 

Penilaian tentang ranah afektif, psikomotorik, dan kognitif adalah hal yang perlu diperhatikan. Kita tak selalu fokus tentang nilai berupa angka. Memperhatikan perkembangan anak melalui sikap dan kepribadian selama satu semester dapat menjadi sebuah acuan utama dalam menyukseskan pendidikan menuju generasi pembelajar yang lebih baik di masa depan.

Ada empat fungsi esensial dari nilai rapor yang diterima oleh siswa. Antara lain sebagai berikut:

Bagi Peserta didik

Untuk mengetahui kemajuan hasil belajar diri, konsep atau teori-teori yang belum dikuasai, serta memotivasi diri untuk lebih giat dalam belajar serta membantu memperbaiki strategi belajar.

Bagi Orangtua

Mengetahui perkembangan anaknya sehingga orangtua dapat membantu anaknya belajar, memotivasi untuk meningkatkan hasil belajar dan melengkapi fasilitas belajar di rumah.

Bagi Guru Mata Pelajaran
Sebagai umpan balik juga penilaian digunakan guru untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam satu kelas. Hasil penilaian harus dapat mendorong guru agar mengajar lebih baik, dan membantu guru untuk menentukan strategi mengajar yang lebih tepat bagi peserta didik. 

Selan itu, adanya nlai rapor juga sebagai evaluasi dalam menentukan mana kekurangan diri dalam mengajar yang harus dibenahi serta meminimalisasi terjadinya stagnansi dalam menerapkan suatu strategi mengajar di kelas.

Bagi Wali Kelas

Melalui rapor wali kelas dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik dalam kelas yang diampunya. Wali kelas juga dapat menentukan strategi dalam pengelolaan kelas yang menjadi tanggung jawabnya. 

Misalnya dengan menata ulang pengaturan tempat duduk di kelas, pembagian anggota kelompok belajar, pembagian anggota kelompok belajar dan langkah strategis lainnya untuk membantu siswa meningkatkan kompetensi peserta didik atau membantu mengatasi kesulitan belajar peserta didik yang lemah.

Dari paparan di atas dapat kita simpulkan bahwasanya nilai rapor memang bukan segalanya. Yang terpenting dari proses pendidikan adalah anak dapat menguasai, memahami, serta mengaplikasikan materi-materi relevan yang didapatkan di sekolah ke dalam lingkungan masyarakat dengan kelebihan masing-masing. 

Penerapan ilmu yang tepat di kehidupan sehari-hari, akan bisa membantu anak untuk menjadi generasi muda yang berkarakter, cerdas, adaptif, serta selalu mampu menjawab segala tantangan zaman di masa depan.

#SalamLiterasi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun