Mohon tunggu...
Ardianto Prasetyo
Ardianto Prasetyo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Aktif Universitas Airlangga

Berolahraga dan menonton

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Laksanakan Program Kerja Unggulan, Mahasiswa KKN BBK 4 UNAIR Berikan Pendampingan terhadap Pelaku UMKM di Kelurahan Lontar tentang Promosi Digital

28 Juli 2024   14:06 Diperbarui: 28 Juli 2024   14:09 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Dokumentasi Pribadi

Di era modern saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran teknologi berbasis digital merupakan hal yang sangat vital dalam menunjang berbagai aspek pekerjaan, salah satunya sebagai Media Promosi. Mengangkat dari fenomena tersebut bertepatan dengan kegiatan KKN BBK 4 UNAIR Tahun 2024 yang di laksanakan pada 2 Juli - 27 Juli 2024.

Mahasiswa KKN BBK 4 UNAIR dari Kelompok Lontar 2 memberikan sebuah edukasi dan praktik langsung kepada para pelaku umkm di wilayah Kelurahan Lontar, Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya. Program ini merupakan program unggulan yang dirancang khusus untuk memfasilitasi para pelaku umkm untuk mampu mengembangkan usaha dan mendapatkan profit sebanyak mungkin.

Kegiatan ini di awali dengan melakukan survei kepada para pelaku umkm terkait ide bisnis, tantangan bisnis, biaya dan produk yang ingin di pasarkan kepada konsumen. Mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat karena di era digital seperti saat ini upaya menjangkau pasar yang lebih luas untuk menarik konsumen bisa dilakukan dari mana saja hanya menggunakan smartphone. Kegiatan ini menggunakan media aplikasi Canva sebagai salah satu aplikasi yang mudah untuk di manfaatkan sebagai media promosi dengan memberikan edukasi tata cara penggunaan aplikasi dan di lanjutkan dengan adanya praktik pembuatan poster digital pemasaran produk umkm.


Sumber Dokumentasi Pribadi 
Sumber Dokumentasi Pribadi 
Pembuatan Poster Digital memiliki berbagai macam manfaat khususnya dalam media promosi pemasaran produk, antara lain sebagai berikut :

1.Memperluas jangkauan target konsumen
2.Memberikan Informasi produk dengan Jelas
3.Menghemat biaya 
4.Bersifat fleksibel dalam penerapannya
5. Meningkatkan pendapatan secara signifikan


Hasil dari kegiatan ini pelaku umkm mampu membuat poster digital secara baik dan benar, menyebarluaskan promosi melalui sosial media seperti, Wa dan Facebook sehingga mampu meningkatkan daya saing dengan kompetitor lain dan mendapatkan target konsumen yang tepat sehingga di harapkan para pelaku umkm di Kelurahan Lontar dapat berkembang dan berprogres dalam mengembangkan usahanya. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun