Pertanyaan efektif penting bagi pembelajaran karena dengan mengajukan pertanyaan efektif kia dapat menelaah dan merangkum pembelajaran sebelumnya,mendorong dan melibatkan siswa berpikir matematis,menilai kesiapan siswa, mengecek pekerjaan rumah atau tugas kelas dan pemahaman siswa dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapat melalui pertanyaan efektif tersebut.
Pertanyaan efektif yang kemungkinan besar dapat membelajarkan siswa secara maksimal adalah dengan mengadaptasi pertanyaan standar, yaitu dengan memodifikasi pertanyaan standar sehingga bersifat open ended atau memiliki jawaban yang beragam.
Pertanyaan yang kurang efektif seperti pertanyaan yang memancing pertanyaan serentak, contohnya Apa ibu kota Republik Indonesia?, pertanyaan seperti mengakibatkan guru tidak dapat mengetahui dengan pasti siapa yang benar dan menuntut kemungkinan terjadi interaksi selanjutnya. Contoh lain adalah pertanyaan yang dilakukan secara beruntun, contohnya Siapa pemimpin orang Belanda yang pertama kali dating ke Indonesia, mengapa mereka dating, dan apa akibatnya bagi bangsa Indonesia? Pertanyaan seperti ini akan mematahkan semangat siswa yang hanya sanggup menyelesaikan satu dari semua tugas itu.
Dengan memahami materi-materi dn aktifitas diskusi, maka saya bertekad akan memperbaiki cara mengajar, khususnya cara melakukan/mengajukan pertanyaan kepada siswa, agar kedepannya, kegiatan saya di dalam kelas akan lebih berkualitas.
Artikel ini adalah bagian dari tugas Diklat Online P4TK Matematika
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H