Mohon tunggu...
Ardhyanda Varell
Ardhyanda Varell Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAD 2019

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Bagaimana Peluang Mahasiswa menjadi Seorang Konten Kreator? Yuk Simak

23 Juni 2021   05:41 Diperbarui: 24 Juni 2021   11:46 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dengan semakin berkembangnya Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang ada di Dunia dan khususnya perkembangan yang ada di Indonesia, muncul beberapa pekerjaan baru yang memanfaatkan kemajuan dan perkembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang ada. Salah satu contoh pekerjaan tersebut adalah Konten Kreator. Konten Kreator merupakan pekerjaan yang bertugas untuk membuat konten dalam bentuk tulisan, gambar, video ataupun suara, yang kemudian di sebarluaskan menggunakan platform ataupun media - media lainnya.

Perkembangan atau semakin majunya media serta Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang ada di Indonesia, membuat muncul berbagai platform baru untuk menyalurkan bakat kita dalam membuat sebuah konten, jadi seorang konten creator sekarang bersifat lebih luas, dan lebih banyak opsi dalam memanfaat kan media atau platform yang ada. Sehingga membuka peluang bagi siapa pun, untuk menjadi seorang Konten Kreator.

Apalagi, ketika menjadi Mahasiswa seperti sekarang ini. Yang menuntut kita untuk mencari pengalaman sebanyak - banyaknya, dan menjadi bonus jika kita dapat menghasilkan keuntungan (materi dan finansial) dari situ, maka dari itu Konten Kreator merupakan salah satu pekerjaan yang tepat bagi Mahasiswa yang sedang di buat sibuk oleh tugas, kuliah, dan kegiatan organisasi lainnya. Karena untuk menjadi Konten Kreator, kita bisa melakukan nya sendiri dan dapat kita lakukan kapanpun, dimanapun kita berada, dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikannya, dengan catatan kita harus paham dan tau konten apa yang ingin kita buat.

Bahkan, untuk sekarang dengan semakin majunya Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang ada di Indonesia. Kita semakin dimudahkan untuk menjadi seorang konten creator. Karena, sekarang hampir semuanya bisa kita akses hanya dengan menggunakan 1 perangkat yaitu Smarthphone, dan dilengkapi dengan jaringan Internet. Itu sudah cukup untuk kita dalam membuat konten. Tidak hanya itu banyak lagi perangkat - perangkat lain yang dapat di gunakan untuk membantu proses kita untuk menjadi seorang kontwen creator. Namun, semuanya tergantung kita, apakah dapat memanfaatkan kemajuan perangkat -perangkat yang ada.

Pengalaman saya, sebagai seorang Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, jurusan Ilmu Komunikasi, di lingkungan sekitar saya kebanyakan memilih untuk menjadi konten creator untuk mengisi waktu luang mereka atau waktu kososng mereka jika tidak ada kegiatan perkuliahan atau lain sebagainya. Mereka menjadi konten creator di berbagai media dan platform yang ada. Namun yang paling sering kita temukan adalah pembuatan konten desain grafis (Konten Visual) dan yang kedua adalah konten video di platform yang sudah lumayan besar dan terkenal yaitu Youtube, Instagram, dan Tiktok. Bahkan tak sedikit dari mereka yang sudah dapat menghasilkan uang dari platform - platform tersebut.

Namun, ternyata untuk menjadi seorang konten creator di Indonesia tidaklah mudah, dan banyak sekali rintangan yang harus di lalui, apalagi bagi kita (anak muda) yang baru memulai dan tidak memiliki basic sama sekali. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, karena semakin banyak nya konten creator yang ada di Indonesia dan semuanya memiliki atau membuat konten - konten yang menarik dan kreatif. Hal ini lah yang membuat kita harus lebih kreatif dalam membuat atau menyajikan konten - konten yang menarik bagi Masyarakat Indonesia.

Selain, itu banyak sekali aspek - aspek yang harus di perhatikan sebelum kita memilih untuk menjadi seorang Konten Kreator di Indonesia.

1. Harus dapat menentukan konten apa yang akan menjadi fokus kita.

Seorang Konten Kreator harus dapat berpikir terbuka dalam memilih dan menentukan konten apa yang ingin mereka buat. Karena, jika kita belum mengetahui konten apa yang ingin kita buat, akan sangat sulit untuk proses kedepannya. Fokuskan kepada 1 ruang Lingkup Pembahasan sehingga tidak sulit dalam menentukan tema hingga audiens konten kita nanti.

2. Seorang Konten Kreator harus kuat Mental

Di Indonesia yang terkenal dengan memiliki netizen atau masyarakat - masyarakat online yang senangnya menghujat dan merendahakan karya orang lain. Menjadi alasan yang logis jika seorang Konten Kreaoto yang ada di Indonesia haruslah memiliki mental baja dan kuat, ndan tentu harus tetap berkarya, teguh , dan selalu konsisten tanpa menghiraukan komentar - komentar negative yang ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun