Mohon tunggu...
Ardhi Hernawan
Ardhi Hernawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Prodi Manajemen Pemasaran Pariwisata (UPI) Gelar Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) di Desa Wisata Mekarsari

18 November 2024   19:00 Diperbarui: 18 November 2024   19:05 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, Prodi Manajemen Pemasaran Pariwisata (UPI) melakukan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) yang dilaksanakan oleh tim dosen dan mahasiswa , berlokasi  di Desa Mekarsari, Kec. Pasir Jambu, Kab. Bandung. Dengan pendampingan yang dilakukan selama kurang lebih 5 bulan dari Juli hingga November 2024 dan Workshop pada tanggal 15 Agustus 2024. Dalam kegiatan ini, masyarakat diberikan pelatihan mengenai pengelolaan Desa Wisata dengan menerapkan konsep Sustainable Tourism yang berfokus pada aspek ramah lingkungan dalam pengembangan Desa Wisata.

Dr. Rini Andari, S.Pd., SE.Par., MM, dosen Prodi Manajemen Pemasaran Pariwisata UPI, mengungkapkan, “Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) ini bertujuan Prodi Manajemen Pemasaran Pariwisata UPI dapat sharing dengan masyarakat terutama pemuda - pemudi di Desa Mekarsari sebagai generasi penggerak untuk mengembangkan potensi Desa Wisata Mekarsari yang harapannya dapat menjadi Desa wisata yang Berkembang, Maju dan Mandiri”.

Pada acara inti Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi, pada sesi pertama  yaitu pematerian tentang Pengelolaan Desa Wisata yang ramah lingkungan di disampaikan oleh para dosen Program Studi Manajemen Pemasaran Pariwisata UPI.

Adapun pada sesi ke  kedua, para masyarakat dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi dan  brainstorming mengenai potensi wisata yang ada di Desa Wisata Mekarsari. Dengan pendampingan dari dosen dan mahasiswa, setiap kelompok merancang paket wisata, mencakup tema paket wisata, pasar yang dituju, aktivitas yang ditawarkan, serta tantangan yang dihadapi dalam implementasi paket wisata  tersebut.

Selanjutnya, para kelompok masyarakat yang sudah membuat  rancangan paket wisata mempresentasikan hasil dari brainstorming paket wisata yang telah dibuat, kemudian dilanjutkan dengan sesi pemberian saran dan masukan dari para dosen Program Studi Manajemen Pemasaran Pariwisata UPI.

Melanjutkan komitmen dalam mengembangkan potensi Desa Wisata Mekarsari dengan menerapkan konsep Sustainable Tourism, pada awal November 2024, Prodi Manajemen Pemasaran Pariwisata UPI  kembali menggelar pendampingan, workshop serta pematerian mengenai regenerative tourism. Masyarakat Desa Mekarsari menyambut positif kegiatan sharing session serta workshop mengenai Pengelolaan Desa Wisata yang dilaksanakan oleh Program Studi Manajemen Pemasaran Pariwisata UPI. Anggota Karang Taruna Desa Mekarsari, Kang Roby, mengungkapkan, ”Kami berharap melalui kegiatan ini, informasi yang telah diperoleh dapat diimplementasikan dan disosialisasikan kepada rekan-rekan lainnya agar Desa Wisata Mekarsari dapat berkembang dan Berjaya".

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun