Indonesia memasuki beberapa era dalam marketing. Internasional juga mengalami era-era perubahan yang dramatikal dengan hadirnya internet. Namun masih banyak yang memahami marketing secara sepotong-sepotong, itupun dalam bekal dari marketing klasik.
Sebagai pengusaha tentu perubahan era ini sebagai peluang dan ancaman, terlebih ada perubahan yang tidak disadari telah telah menjadikan persaingan tidak lagi berbasis wilayah, karena semua aspek marketing bisa menjangkau area-area yang diinginkan dengan murah.
Bagi anda yang sudah mempunyai usaha offline, tapi masih menginginkan perluasan pangsa pasar. Mengapa tidak mencoba menarik perhatian pelanggan lewat dunia internet. Untuk membantu strategi bisnis online, muncul di halaman 1 Google adalah hal yang wajib saat ini.
Anda juga bisa ikut kursus seo online terbaik yang banyak tersedia. Belajar facebook, twitter, digg, foursquare adalah salah satu media untuk memperluas langkah pemasaran yang diinginkan. Membuat sebuah web yang digunakan sebagai pajangan 24 jam, juga sudah semakin menjamur. Informasi tentang “branding” anda harus terus di updated lewat website, dan juga blog. Saya tahu tidak semua orang suka menulis di blog.
Kebanyakan orang-orang yang simple, malah menggunakan blog gratisan (contohnya blogspot & facebook) untuk dijadikan toko online. Ini adalah langkah yang cerdas, strategis dan juga efektif dalam bidang pemasaran. Daripada kita harus menyebarkan flyers, lebih baik kita menggunakan website dan blog ditambah lagi social media untuk melebarkan sayap bisnis kita.
Dengan website yang telah dioptimasi oleh teknik SEO yang benar, maka website anda akan tersaji dengan keyword yang memang dicari oleh calon konsumen dengan tepat sasaran. Jadi kembali lagi kepada Anda, masih pakai cara lama atau cara terkini?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H