Kegiatan pendahuluan adalah salah satu poin yang termuat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Ini perlu menjadi perhatian utama. Karena jika dalam kegiatan pembuka saja siswa kurang tertarik, bisa jadi mereka juga tidak tertarik pada kegiatan inti nantinya. Lantas, bagaimana membuat kegiatan pendahuluan menjadi menarik?
Pertama, semangat menyapa siswa. Penuh percaya diri dapat menjadikan Anda menarik di depan siswa. Kepercayaan diri itu dapat muncul jika Anda bisa menguasai kelas. Anda juga telah menguasai materi yang akan Anda sampaikan dengan total.
Kedua, menanyakan kabar siswa. Hal ini dapat dinilai siswa sebagai bentuk kepedulian Anda terhadap mereka. Jika ada siswa yang tidak hadir kemarin, tanyakan apa alasannya. Atau mungkin ada yang sakit kemarin dan hari ini sudah masuk, beri nasihat untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah kena sakit.
Ketiga, memotivasi siswa. Berikan kata-kata motivasi yang dapat mendorong minat belajar siswa, khususnya pada materi yang akan Anda ajarkan. Anda dapat mencari referensi kata-kata motivasi dari seorang motivator yang sering mengisi seminar. Pelajari bagaimana ia memberikan motivasi di depan audiens sehingga menarik untuk diikuti.
Keempat, mengulang sedikit materi pada pertemuan yang lalu. Mungkin saja ada siswa yang tidak belajar atau mengulang pelajaran malam harinya. Tindakan ini dapat membuat siswa ingat apa yang telah Anda sampaikan pada pertemuan lalu, atau bagi yang tidak hadir, bisa nyambung dengan apa yang akan Anda sampaikan hari ini.
Kelima, menyampaikan infografis dari materi yang akan dipelajari hari itu. Hal tersebut mencakup tujuan pembelajaran, manfaat mempelajarinya, garis besar materi, bobot penilaian tugas, dan menyampaikan tugas praktik jika ada.
Semoga bermanfaat
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H