Mohon tunggu...
Ardi
Ardi Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru Swasta Mengabdi 12 Tahun

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Agar Kegiatan Pendahuluan Menarik bagi Siswa

15 Juli 2023   22:02 Diperbarui: 15 Juli 2023   22:05 174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Pixabay/ Wokandapix

Membuka pelajaran atau kegiatan pendahuluan adalah salah satu poin yang termuat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Selebihnya kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Masing-masing guru punya caranya tersendiri dalam membuka pelajaran. Durasi sekitar 5 sampai 10 menit ini haruslah bisa dimanfaatkan dengan baik agar dapat menarik perhatian siswa untuk menyukai Anda di depan kelas.

Ini perlu menjadi perhatian utama. Karena jika dalam kegiatan pembuka saja siswa kurang tertarik, bisa jadi mereka juga tidak tertarik pada kegiatan inti nantinya. Lantas, bagaimana membuat kegiatan pendahuluan menjadi menarik?

Pertama, semangat menyapa siswa. Penuh percaya diri dapat menjadikan Anda menarik di depan siswa. Kepercayaan diri itu dapat muncul jika Anda bisa menguasai kelas. Anda juga telah menguasai materi yang akan Anda sampaikan dengan total. Sehingga Anda tidak perlu lagi membuka buku pelajaran, karena sudah tahu akan apa yang akan diajarkan kepada siswa hari itu.

Kedua, menanyakan kabar siswa. Hal ini dapat dinilai siswa sebagai bentuk kepedulian Anda terhadap mereka. Jika ada siswa yang tidak hadir kemarin, tanyakan apa alasannya. Atau mungkin ada yang sakit kemarin dan hari ini sudah masuk, beri nasihat untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah kena sakit.

Ketiga, memotivasi siswa. Berikan kata-kata motivasi yang dapat mendorong minat belajar siswa, khususnya pada materi yang akan Anda ajarkan. Anda dapat mencari referensi kata-kata motivasi dari seorang motivator yang sering mengisi seminar. Pelajari bagaimana ia memberikan motivasi di depan audiens sehingga menarik untuk diikuti.

Keempat, mengulang sedikit materi pada pertemuan yang lalu. Mungkin saja ada siswa yang tidak belajar atau mengulang pelajaran malam harinya. Tindakan ini dapat membuat siswa ingat apa yang telah Anda sampaikan pada pertemuan lalu, atau bagi yang tidak hadir, bisa nyambung dengan apa yang akan Anda sampaikan hari ini.

Kelima, menyampaikan infografis dari materi yang akan dipelajari hari itu. Hal tersebut mencakup tujuan pembelajaran, manfaat mempelajarinya, garis besar materi, bobot penilaian tugas, dan menyampaikan tugas praktik jika ada.

Semoga bermanfaat

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun