Strategi adalah tindakan yang selalu bersifat meningka atau terus menerus dan dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa yang akan datang. Selain memilih strategi yang ingin mereka jalankan, analisisstrategi berfokus kepada uasaha menciptakan dan mengevaluasi strategi-strategi alternatif. Sebagian besar analisis dan pemilihan strategi melibatkan pengamilan keputusan subjektif berdasarkan informasi objektif.
Hakikat Menciptakan dan Memilih Strategi
 Analisis dan pilihan strategi berupaya menentukan tindakan alternative yang paling baik untuk membantu perusahaan mencapai visidan misinya ditambah lagi dengan informasi audit eksternal dan juga internal memberikan landasan untuk menciptakan serta mengevaluasi strategi yang masuk akal.
Proses Menciptakan dan Memilih Strategi
Para penyusun strategi tidak pernah dapat mempertimbangkan seluruh alternatif yang dapat menguntungkan perusahaan karena akan sangat banyak tindakan yang mungkin dan tak terbatasnya cara untuk menerapkan tindakan tindakan tersebut.Â
Mengidentifikasi dan mengevaluasi strategi alternatif hendaknya melibatkan banyak manajer dan karyawan yang sebelumnya merumuskan pernyataan visi dan misi organisasi, melakukan audit eksternal dan melakukan audit internal. Proses ini akan menghasilkan sebuah daftar prioritas strategi terbaik yang mencerminkan pemikiran seluruh anggota kelompok.
Matriks kekuatan-kelemahan-peluang-ancaman (SWOT)
Matriks Kekuatan-Kelemahan-Peluang-Ancaman adalah sebuah alat pencocokan yang penting yang membantu para manajer mengembangkan empat jenis strategi: Strategi SO, Strategi WO , Strategi ST , dan strategi WT.Strategi SO memanfaatkan internal perusahaan untuk menarik keuantungan dari peluang eksternal.Â
Tak kala sebuah organisasi dihadapkan pada ancaman yang besar maka perusahaan akan berusaha untuk menghindarinya untuk berkonsentrasi pada peluang. Strategi WO bertujuan untuk memperbaiki kelemahan internal dengan cara mengambil keuntungan dari peluang eksternal.Â
Strategi ST menggunakan kekuatan sebuah perusahaan untuk menghindari atau mengurangi dampak ancaman eksternal. Hal ini bukan berarti bahwa suatu organisasi yang kuat.Strategi WT merupakan taktik defensive yang diarahkan untuk mengurangi kelemahan internal serta menghindari ancaman eksternal dan kelemahan internal benar-benar dalam posisi yang membahayakan.
Matrik Posisi Strategi dan Evaluasi Tindakan (SPACE)