Mohon tunggu...
Ardanik Hatinawati
Ardanik Hatinawati Mohon Tunggu... Lainnya - User Experience Researcher

Civil Engineering ITS '14

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Memanusiakan Manusia

1 November 2017   03:58 Diperbarui: 1 November 2017   04:05 567
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[heartless]

Pernah nggak, ngebayangin bagaimana rasanya menjadi driver ojek online? yang kerjanya-nggak sekedar-scroll-refresh-handphone mencari orderan. Terkadang sebagian besar dari mereka harus berebutan dengan driver lainnya untuk satu orderan. Mungkin ada dari kita yang sempat berpikir, "ah, barang cuma satu orderan aja rebutan! yang lain kan juga ada, orderan jaman now juga kebanyakan via online!"

Tapi bagaimana, kalau ternyata sang driver sangat membutuhkan dana tersebut? Biaya sekolah anaknya, misal.  

"Pak, memangnya rumah bapak dimana?"

"Jauh neng, di kampung. (seingat saya) daerah Jawa Tengah"

"Berarti bapak disini merantau? Atau ada saudara?"

"Saya disini ngekos neng, daerah Rawamangun. Demi anak"

"Memangnya anak bapak kelas berapa?"

"Masih SD, neng"

*yah kurang lebih begitu percakapan saya dengan driver ojek online beberapa bulan yang lalu.

Belum lagi, saat menerima orderan makanan. Rela mengantri dan berebutan dengan pembeli lainnya. Sesaat merasakan was-was luar biasa karena tombol 'cancel' siap - siap ditekan apabila sang pemesan menunggu tertalu lama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun