Mohon tunggu...
ardanasantosa
ardanasantosa Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa /STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja

Mahasiswa yang ingin meraih cita citanya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Manajemen Dalam Proses Komunikasi

15 Januari 2023   14:11 Diperbarui: 15 Januari 2023   14:32 712
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar :Pixabay License 

Di era sekarang komunikasi sudah menjadi hal yang mendasar karena setiap orang tentunya pernah dan mungkin sering  melakukan yang namanya komunikasi namun masih banyak yang belum tau dan mengerti bagaimana cara berkomunikasi yang baik ,diperlukan nya proses perencanaan ,teknik, bahkan pola komunikasi yang baik yaitu dengan manajemn komunikasi berikut ini merupakan penjelasan peran manajemen dalam proses komunikasi.

Definisi manajemen dan Komunikasi

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, Pengarahan dan pengawasan oleh anggota organisasi yang berwenang dan Penggunaan sumber daya organisasi lainnya. mencapai tujuan organisasi Itu telah diatur. Manajemen juga sering diartikan sebagai seni manajemen kerja oleh orang lain. pemimpin mencapai tujuan Organisasi dengan menugaskan orang lain untuk melaksanakan tugas yang mungkin diperlukan untuk mencapai tujuan. dalam beberapa buku Manajemen seni untuk menyelesaikan pekerjaan oleh orang lain dalam prosesnya yang berarti perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan Melakukan berbagai upaya untuk mencapai tujuan.

komunikasi adalaha Proses dimana individu atau kelompok, organisasi dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi tersebut untuk terhubung dengan lingkungan dan orang lain.Ilmu komunikasi dicirikan oleh fakta bahwa mereka tidak dapat diubah, kompleks, dimensi kausal dan mengandung potensi masalah. Dari terlihat Dengan karakteristik tersebut, sebuah proses komunikasi menjadi sangat rumit. lalu satu Langkah-langkah komunikasi harus dikelola dengan baik. Di sinilah subdisiplin Manajemen dapat berkontribusi pada komunikasi.Manajemen adalah sekelompok orang yang melakukan sesuatu merencanakan, mengatur, mengarahkan, dan mengontrol aktivitas.Pengelolaan memiliki tanggung jawab akhir untuk berbagai keputusan terkait dengan bidang di bawah ini. Karyawan dan manajemen adalah satu kesatuan bahwa mereka saling membutuhkan. Manajemen yang baik adalah manajemen yang bisa Berkomunikasi dengan tepat dengan karyawan.

 Komunikasi berasal dari Kata latin communis berarti bersama-sama (together) atau bersama-sama. Ketika kita berkomunikasi, sebenarnya kita sedang berusaha membuat sesuatu tumbuh. Union (commonnes) dengan seseorang.Itu berarti kami mencoba berbagai hal informasi, ide atau sikap. Seperti dalam uraian ini, misalnya, saya mencoba berkomunikasi dengan pembaca untuk menyampaikan gagasan yang hakiki Komunikasi yang sesungguhnya adalah usaha untuk menjadikan penerima atau pemberi Komunikasi memiliki pengertian (understanding) yang sama terhadap suatu pesan tertentu.Komunikasi yang efektif memberikan dampak yang besar keberhasilan proses komunikasi dalam menyampaikan pesan yang diinginkan. Organisasi sangat membutuhkanhal ini, karena tanpa komunikasi yang efektif antara berbagai pihak yang terlibat, akan mengakibatkan cacat layanan pengiriman yang baik. Komunikasi bekerja dengan baik sekalipun terencana dan terstruktur dengan menggunakan manajemen komunikasi.Komunikasi adalah proses penyaluran informasi, ide, penjelasan, perasaan, pertanyaan Komunikator ke Komunikator.

Manajemen Komunikasi

Manajemen komunikasi adalah definisinya menggabungkan istilah manajemen dan Komunikasi Oleh karena itu, manajemen komunikasi adalah campuran dari konsep Komunikasi dan manajemen diterapkan dalam berbagai skenario komunikasi. Dalam arti manajemen komunikasi merupakan proses timbal balik (reciprocal) bertukar sinyal denganuntuk menginformasikan, membujuk, atau memberi perintah, berdasarkan makna yang sama dan dikondisikan oleh konteks hubungannya dengan Komunikator dan konteks sosial. Menurut Kaye (1994) 10 kelahiran sub-disiplin Manajemen komunikasi terkait erat dengan kebutuhan untuk menjadi lebih realistis. Ilmu komunikasi di tingkat dunia nyata. Manajemen komunikasi lahir karena Ada permintaan untuk menjembatani antara ahli teori komunikasi dan profesional Komunikasi.Para ahli teori menghadapi keterbatasan dalam penerapannya pengetahuan yang Anda miliki.

Sementara profesional komunikasi mendapatkan pengalaman Pembatasan dalam pembicara teoritis atau ilmu komunikasi.Manajemen komunikasi menggabungkan antara pendekatan manajemen untuk komunikasi manajemen memungkinkan kita untuk melakukan hal ini Menciptakan keharmonisan dalam komunikasi kita.

1.Berdasarkan ciri-ciri ilmu komunikasi.Ilmu komunikasi dicirikan oleh fakta bahwa mereka tidak dapat diubah, kompleks, dimensi kausal dan mengandung potensi masalah. Dari terlihat Dengan karakteristik tersebut, sebuah proses komunikasi menjadi sangat rumit. kemudian suatu tindakan Komunikasi harus dikelola dengan baik. Sub-disiplin manajemen terletak di sini Komunikasi dapat memberikan kontribusi.

2.Terkait dengan kebutuhan untuk memfungsikan pengetahuan Komunikasi dalam upaya menciptakan tenaga kerja/knowledge worker di bidang komunikasi. Pekerja pengetahuan adalah pekerja komunikasi yang memiliki pengetahuan teoretis. tentang komunikasi dan memiliki kemampuan untuk menerapkan pengetahuan itu. Model pembelajaran komunikasi pada mata kuliah Manajemen Komunikasi menghasilkan bekal pengetahuan dan keterampilan yang signifikan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun