Seolah baru datang kemarin, tanpa terasa bulan suci Ramadan pada hari Rabu (19/4) ini sudah memasuki hari ke-28. Ini artinya kita hanya menghitung hari untuk segera mencapai Idulfitri. Terasa sedih memang ketika Ramadan akan segera pergi dan digantikan oleh bulan Syawal. Namun itu bukan berarti kita bermuram saja, karena Ramadan hadir untuk memberikan sebuah keberkahan.
Ya, bulan yang sangat istimewa itu mengajarkan betapa kita sebagai manusia harus banyak berbagi kepada sesama dan belajar betapa pentingnya kesabaran serta keikhlasan. Demi menghagai nilai-nilai mulia yang diajarkan oleh Ramadan, ada banyak sekali kegiatan sosial yang dilakukan oleh individu hingga perusahaan seperti salah satunya berbagi berkah kepada sesama. Kendati sederhana, aksi sosial ini bisa membuat suasana Ramadan semakin indah dan menjadikan kita sebaik-baiknya manusia.
Hal itu pula yang ternyata dilakukan oleh JNE, perusahaan nasional yang selama ini sudah dikenal akan pelayanan jasa pengiriman dan pendistribusian profesional terbaik.
Tepat pada bulan suci Ramadan di tahun 2023 ini, #JNE turut serta berbagi keberkahan lewat sejumlah kolaborasi dengan berbagai pihak. Tak main-main, dalam memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat luas, JNE melakukan pembagian 10.000 paket takjil di seluruh Indonesia selama tiga pekan Ramadan.
Gelaran yang berlangsung pada 24 Maret hingga 14 April 2023 ini melibatkan 12 Kantor Cabang Utama JNE di seluruh pelosok Tanah Air mulai dari Jakarta, Tangerang, Bandung, Surabaya, Bekasi, Semarang, Pontianak, Makassar, Palembang, Medan, Yogyakarta dan Denpasar.
Untuk acara puncaknya sendiri, sudah berlangsung pada minggu lalu tepatnya hari Jumat (14/4) yang bertempat di sekitar area Jalan Tomang Raya, Jakarta Barat. Dilaporkan ada sekitar 2.000 paket bingkisan takjil yang dibagikan oleh JNE kepada masyarakat sekitar termasuk para pengendara roda dua atau roda empat yang melintas, kelompok pedagang, hingga pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah)
Agar semakin semarak, JNE juga menghadirkan sejumlah komunitas seperti dari sepeda BMX dan Street Dance dalam kegiatan bagi-bagi takjil ini. Dilengkapi dengan hadirnya ikon badut JONI, JNE benar-benar mewujudkan sebuah kegiatan amal yang tak hanya sekadar membawa berkah, tapi juga kebahagiaan.
Rutin Dilakukan Setiap Ramadan, JNE Gaet Wahyoo Berkolaborasi
Sebagai perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1990 dan melakukan ekspansi bisnis di bidang logistik sejak tahun 2014, kegiatan berbagi berkah ini sudah dilakukan JNE secara rutin di setiap momen Ramadan. Apalagi saat ini bertepatan dengan #JNE32Tahun, membuatnya semakin istimewa karena di tahun 2023 ini JNE menggaet Wahyoo untuk berkolaborasi.
 Sekadar informasi, Wahyoo adalah perusahaan startup yang memang fokus pada upaya digitalisasi serta modernisasi UKM (Usaha Kecil dan Menengah) kuliner. Demi menjalankan komitmennya dalam membantu mengembangkan bisnis para pengusaha UKM kuliner di Tanah Air, Wahyoo terus memaksimalkan layanan e-supplies, micro financing dan Wahyoo Kitchen Partners. Di mana seluruh layanan itu bisa membantu meningkatkan penghasilan para mitra Wahyoo.
"Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini adalah momen yang tepat bagi Wahyoo untuk kembali melakukan inisiasi program kebaikan bersama JNE. Wahyoo mempunyai semangat yang sama dengan JNE dalam memberikan dampak positif lewat penyaluran ungkapan kepedulian pada sesama. Kami pun mengenalkan brand terbaru dari Wahyoo yakni Senang Hatea yang diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat dan membantu para mitra UMKM Wahyoo, supaya tetap senang hatinya," ungkap Peter Shearer S, selaku CEO Wahyoo.
Tentu apa yang diungkapkan Peter itu serupa dengan tagline JNE selama ini yakni #ConnectingHappiness. Eri Palgunadi selaku VP of Marketing JNE pun menyampaikan jika berbagai program menarik yang dilakukan JNE saat ini adalah sebagai bentuk dukungan nyata pada semua pihak demi meningkatkan perekonomian nasional.
"Memang kegiatan bagi-bagi takjil ini rutin dilakukan JNE setiap momen Ramadan. Tahun ini program serupa kembali berlangsung karena memang JNE bertujuan untuk selalu mendukung keberlangsungan UKM, sehingga terus merasakan manfaatnya," lanjut Eri.
Cukup menarik karena ternyata kolaborasi yang dijalin JNE dan Wahyoo ini bukanlah sesuatu yang baru saja terjadi dalam waktu singkat. Disebutkan jika JNE dan Wahyoo pernah menjalin kerjasama dalam beragam program positif kemanusiaan yang sudah dilakukan sejak tahun 2020 silam. Di mana dalam perjalanannya, program ini juga memberikan manfaat lewat dukungan serta bantuan terhadap mitra-mitra rumah makan serta UKM binaan Wahyoo.
Ketika dukungan itu berjalan, maka para pelaku usaha kecil ini tetap bisa melangsungkan roda usahanya dan memberikan kontribusi dalam perekonomian nasional. Karena bagaimanapun juga, UKM termasuk salah satu tulang punggung ekonomi negara yang membuktikan mampu bertahan diterpa badai pandemi Covid-19 sejak tahun 2020.
Dengan harapan #JNEBangkitBersama di tahun 2023 ini, JNE sudah memberikan keberkahan demi kemanusiaan dan semangat bangkit untuk bersama-sama jadi lebih baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H