Mohon tunggu...
D. Wibhyanto
D. Wibhyanto Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Bidang Sastra, Sosial dan Budaya

Penulis Novel CLARA-Putri Seorang Mafia, dan SANDHYAKALANING BARUKLINTING - Tragedi Kisah Tersembunyi, Fiksi Sejarah (2023). Penghobi Traveling, Melukis dan Menulis Sastra, Seni, dan bidang Sosial Budaya.

Selanjutnya

Tutup

Analisis Artikel Utama

Cawe-cawe Kampanye Pemilu 2024 yang Sehat

9 Juni 2023   11:39 Diperbarui: 21 Juni 2023   08:42 935
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: mencari pemimpin di kursi kepemimpinan. (sumber: KOMPAS/SUPRIYANTO)

Sekarang masa pendaftaran capres-cawapres belum dibuka. Namun para elit politik tampak sudah sangat sibuk mencari pasangan capres-cawapres yang bakal diusung di pemilu 2024.

Lobi dan koalisi, komitmen dan kesepakan bisa saja setiap waktu berubah, dalam suasana politik yang dinamis, seperti sekarang ini. 

KPU baru akan membuka pendaftaran capres-cawapres pada 19 Oktober hingga 25 November 2023. Dilanjut masa verifikasi dan kampanye. Pemungutan suara dilakukan pada 14 Februari 2024.

Di sini saya tak mau ikut cawe-cawe soal pencapresan itu, karena saya bukan anggota partai politik. Namun khusus soal bagaimana menciptakan suasana kampanye pemilu 2024 yang sehat dan demokratis, berikut ini cawe cawe gagasan, atau masukan penulis sebagai warga negara. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Apa itu Kampanye Politik

Kampanye adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau organisasi dengan tujuan untuk mempromosikan suatu gagasan, produk, atau tujuan tertentu kepada khalayak luas. Kampanye dapat dilakukan dalam berbagai konteks, termasuk politik, sosial, lingkungan, dan pemasaran.

Dalam konteks politik, kampanye biasanya dilakukan oleh kandidat atau partai politik yang bertujuan untuk mempengaruhi pendapat publik, memperoleh dukungan, dan memenangkan pemilihan. 

Aktivitas kampanye politik meliputi pawai, pertemuan umum, pidato, penggalangan dana, pemasangan spanduk, siaran iklan, dan berbagai bentuk komunikasi lainnya.

Kampanye juga dapat berkaitan dengan isu sosial atau lingkungan. Misalnya, kampanye tentang kesadaran akan bahaya merokok, perlindungan hewan, pengurangan penggunaan plastik sekali pakai, atau peningkatan kesadaran akan perubahan iklim. 

Tujuan dari kampanye semacam ini adalah mengedukasi masyarakat, mempengaruhi perilaku, dan memicu perubahan positif dalam masyarakat.

Penting dicatat bahwa pada umumnya, kampanye melibatkan usaha komunikasi yang terencana dan terstruktur untuk mempengaruhi opini, sikap, dan perilaku target audiens.

Tema Kampanye Sehat dan Tidak Sehat dalam Pemilu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun