Aqila Arifah
Aqila Arifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Hobi Membaca

Memperkaya Pengalaman melalui KKL Internasional: Kisah Mahasiswa PBA UMY Angkatan 2020 di Singapore-Malaysia

26 Januari 2024   14:55 Diperbarui: 26 Januari 2024   15:32 146
Memperkaya Pengalaman Melalui KKL

Yogyakarta, 26 Januari 2024-Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Internasional menjadi salah satu momen penting bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk memperluas wawasan dan pengalaman akademik mereka. Sebagai bagian dari syarat kelulusan, KKL Internasional tidak hanya menawarkan kegiatan akademik yang bermanfaat, tetapi juga pengalaman wisata yang mempererat keakraban antar mahasiswa dan dosen pembimbing akademik (DPA).

Pada tanggal 9 hingga 13 Januari 2024, kami, mahasiswa PBA UMY Angkatan 2020, menjalani KKL Internasional ke Singapore-Malaysia. Perjalanan dimulai dari Yogyakarta menuju Singapore menggunakan pesawat AirAsia. Kami tiba di Singapore pada pukul 10.45 waktu setempat dan langsung memulai hari pertama dengan menjelajahi berbagai tempat wisata menarik seperti Jewel Changi Airport, Merlion Fountain, Garden by the Bay, dan Universal Studios Singapore.

Pada hari kedua, kami melanjutkan perjalanan ke Malaysia menggunakan bus travel dan tiba di Malaysia pada tengah malam. Di Malaysia, kami mengunjungi Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) di mana kami menyajikan presentasi ilmiah dan pertunjukan pencak silat. Hari ketiga kami diisi dengan kunjungan ke Universiti Teknologi MARA (UiTM) untuk menghadiri seminar yang dipimpin oleh salah satu DPA kami, serta pertunjukan drama dialog dan penampilan lagu-lagu Islami.

Kegiatan akademik tidak melulu dilakukan, kami juga menjelajahi berbagai destinasi wisata di Malaysia. Pada hari kedua, kami mengunjungi pusat pemerintahan Putrajaya dan menikmati wisata malam di I-City. Hari ketiga, kami mengunjungi Istana Negara, Rihlah Nabawiyyah, dan menikmati wisata malam di KLCC. Pada hari terakhir, kami menyempatkan diri untuk berbelanja oleh-oleh khas Malaysia di Pasar Seni sebelum kembali ke Indonesia.

Perjalanan pulang kami dimulai pada tanggal 13 Januari 2024 dari Kuala Lumpur Internasional Airport dengan pesawat Batik Air. Kami tiba di Bandara Yogyakarta pada pukul 13.10 waktu Indonesia dan melanjutkan perjalanan ke kampus dengan penuh kenangan indah yang akan selalu kami ingat.

KKL Internasional ke Singapore-Malaysia bukan hanya tentang meningkatkan pengetahuan akademik, tetapi juga tentang memperkaya pengalaman, memperluas wawasan, dan mempererat ikatan persaudaraan di antara kami, mahasiswa PBA UMY. Semoga pengalaman ini akan membekas dalam perjalanan akademik dan kehidupan kami ke depannya.