Mohon tunggu...
Aqib Rahman
Aqib Rahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Jakarta Syarif Hidayatullah

Mahasiswa UIN Jakarta Syarif Hidayatullah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Opini Memilih Jurusan Sarjana Pendidikan Agama Islam

8 Oktober 2024   09:29 Diperbarui: 8 Oktober 2024   09:37 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Selama saya bersekolah nilai Pendidikan Agama Islam saya selalu baik di rapot SD, SMP, dan SMA. Oleh karena itu saya memilih jurusan Pendidikan Agama Islam di UIN. Selama saya mengikuti pelajaran PAI, saya merasa materi yang diberikan sangat bagus untuk diri pribadi. Materi-materi PAI sangat menambah wawasan tersendiri tentang agama islam. Pelajaran PAI memiliki peran yang penting dalam mengembangkan wawasan generasi terutama generasi muda. PAI juga sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter yang berakhlak mulia.

Guru-guru PAI menjelaskan pengajaran kepada saya dengan baik, saya sangat menyukai metode pengajaraan yang diberikan oleh guru-guru PAI di sekolah. Hal ini membuat saya mengerti dan memahami sedikit demi sedikit tentang agama islam. Metode yang diberikan beragam, seperti : diskusi kelompok, tanya jawab, dan praktek. Metode ini cukup efektif untuk mengajarkan kepada murid-murid walaupun mungkin tidak semua paham dan mengamalkannya.

Saya sendiri tertarik kepada agama islam, karena orang tua dan lingkungan yang mendukung. Saya terkadang senang mendengar kisah-kisah agama islam dalam radio-radio islam. PAI memberikan nilai positif bagi diri sendiri dan orang lain. Dalam jurusan PAI mengajarkan kita tentang keimanan  kepada Allah, malaikat-malaikat, rasul-rasul, kitab-kitab, hari kiamat, qada dan qadar, perilaku jujur, dan berbakti kepada orang tua, dll. Hal ini mendororng saya untuk ingin mempelajari PAI.

Jurusan PAI ini sangat penting dalam era globalisasi saat ini. Globalisasi ini memungkinkan penurunannya nilai-nilai moral dan keagamaan terutama agama islam. Oleh karena itu, program studi PAI harus dipelajari dan dipahami karena akan berpengarauh positif dalam globalisasi. Selain mempelajari PAI, dianjurkan untuk mempelajari teknologi sebagai sarana dalam mendidik murid dalam mengajarkan PAI baik secara online atau offline.

Saya memilih jurusan PAI untuk belajar lebih jauh dan mengembangkan diri pribadi. Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan hal yang harus saya perbaiki dan pelajari dalam agama islam sehingga saya mampu dalam mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Saya berharap jurusan PAI ini semakin lebih baik untuk generasi selanjutnya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun