Mohon tunggu...
Apsari Prihastuti
Apsari Prihastuti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta

hobi menonton film, mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Etika Periklanan Pada Iklan Le Minerale "Bebas BPA Jadi Aman untuk Bayi dan Keluarga"

24 Juni 2023   12:25 Diperbarui: 24 Juni 2023   12:31 2870
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Saat ini merek Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) sudah banyak diproduksi di Indonesia salah satunya Le Minerale. Le Minerale merupakan merek AMDK yang diproduksi oleh PT. Tirta Fresindojaya pada tahun 2015. Le Minerale ini memiliki klaim bahwa mineral yang setiap tetesnya mengandung kalsium, sodium, magnesium, potasium, bikarbonat, dan nitrat yang dimana Le Minerale berasal dari sumber mata air pegunungan yang jaraknya 100 meter di bawah permukaan tanah. Selain itu, di dalam proses memproduksi air minum Le Minerale dikemas langsung menggunkaan teknologi mineral protection system agar melindungi kandungan  mineral alami dengan menggunakan seal cup untuk mencegah pemalsuan dan menjaga kandungan mineral secara utuh hingga ke konsumen. Le Minerale juga mengklaim bahwa air minum yang diproduksi oleh mereka mengandung rasa manis sehingga mempunyai tagline"Le Minerale, kaya ada manis-manisnya".

Periklanan didefinisikan sebagai komunikasi komersial dan impersonal tentang suatu organisasi dan produknya yang dikirimkan kepada khalayak sasaran melalui media massa seperti televisim radio, surat kabar, majalah, papan reklame atau surat langsung (direct mailing) (Lee dan Johnson, 2007). Iklan harus dibangun seefektif mungkin agar pesan yang disampaikan memberikan kesan yang baik dalam menarik perhatian khalayak. Iklan yang menggunakan gambar yang mudah diingat pasti akan lebih efektif karena akan berdampak lebih besar pada sikap khlayak (groosman et al. 1998).

Selain itu, etika periklanan juga penting dalam mengiklankan sesuatu yang penting. Iklan. Iklan yang mengedepankan kejujuran dan kebenaran adalah iklan yang etis. Iklan akan kehilangan keefektifannya jika tidak memiliki komponen yang menarik dan persuasif. Dengan demikian, tidak ada iklan yang akan ditampilkan karena promosi iklan mereka benar-benar jujur. Sederhananya, iklan tidak akan pernah menyertakan informasi yang, jika diperlihatkan kepada pemirsa, akan membuat mereka enggan membeli produknya.

Dalam etika periklanan, iklan Le Minerale yang berbunyi "Bebas BPA jadi aman untuk bayi dan keluarga" hal itu harus dibuktikan jika produk air minum dalam kemasan Le Minerale memang aman untuk bayi dan keluarga dan juga tidak ada BPA dalam air minum kemasan tersebut. hal ini harus sesuai dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen tentang melanggar etika dan/atau ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai periklanan dan pasal 8 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 yang berisi tentang tidak sesuai dengan mutu, tingkatan, komposisi, proses pengolahan, gaya, mode, atau penggunaan tertentu sebagaimana dinyatakan dalam label atau keterangan barang dan/atau jasa tersebut. Selain itu Le Minerale juga harus bisa meyakinkan konsumen bahwa mereka benar-benar menggunakan mineral protection system untuk melindungi kualitas air minum kemasan yang mereka produksi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun