Mohon tunggu...
Apsa Ra
Apsa Ra Mohon Tunggu... -

Tidak mirip dengan foto profile

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Mencari Tulisan di Kompasiana berdasarkan kategori

10 Oktober 2013   15:05 Diperbarui: 24 Juni 2015   06:43 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kemarin sewaktu saya mulai membaca tulisan pak Tjipta,saya tertarik dengan cerita pengalaman pribadinya yang kebanyakan kategorinya catatan harian. Awalnya saya berkomentar kalau alangkah baiknya kalau kompasiana menyediakan filter untuk melihat tulisan-tulisan dari seorang pengarang berdasarkan kategori. Ternyata pak Tjipta salah paham dengan komentar saya itu dan menyangka saya memberikan tips bahwa kita bisa melihat tulisan berdasarkan kategori di kompasiana. Pertama-tama saya merasa bingung dengan komentar pak Tjipta,tetapi setelah saya baca sendiri komentar saya, saya baru sadar kalau kata-kata saya memang seperti memberitahukan itu.

Saya pun melihat-lihat lagi kompasiana, mencari tahu cara yang kira-kira bisa saya pakai untuk melihat tulisan berdasarkan kategori. Saya baru sadar di halaman pengarang yang kita buka(contoh : http://www.kompasiana.com/tjiptadinataeffendi21may43 ) , terdapat Rubrikasi dan Arsip Tulisan. Di sana ada Select Rubrik dan Select Month. Select Rubrik ternyata menfilter tulisan berdasarkan kategori. Di sana ada Filsafat, Catatan Harian , Luar negeri dan lain lain.

Ketika saya memilih “Catatan Harian”, tampilah di tengah pun berubah dan menampilkan daftar tulisan dengan kategori “Catatan Harian”. Tetapi ada yang aneh. Jumlah tulisan “Catatan Harian” pak Tjipta ada 38 pada saat saya mencoba. Sedangkan yang muncul cuma 10. Tidak ditampilkan link untuk menampilkan halaman-halaman berikutnya. Saya rasa memang dari sananya fitur filternya tidak berjalan dengan sempurna. Dengan sedikit pengetahuan tentang website yang saya miliki, saya pun mengecek isinya. Untunglah ada link yang tersedia di sana yang bisa dipakai untuk melihat tulisan-tulisan berdasarkan kategori dengan benar. Cukup dengan menambahkan alamat kategori yang anda cari setelah halaman pengarang.

Contohnya :

Halaman pak Tjipta, http://www.kompasiana.com/tjiptadinataeffendi21may43 .

Kalau kita mau melihat kategori filsafat. Di alamat tambahkan lah “/category/filsafat” , sehingga menjadi http://www.kompasiana.com/tjiptadinataeffendi21may43/category/filsafat/ . Anda bisa melihat tulisan berdasarkan kategorinya dengan benar sekarang.

Untuk kategori-kategori lain yaitu: catatan, luar-negeri,sosbud.

Anda bisa lihat di rubrikasi itu , nama-nama kategorinya. Kalau terdiri dari dua kata,biasanya disambung menjadi satu,seperti Luar Negeri menjadi luar-negeri. Yang saya lihat, pengecualian hanya untuk Catatan Harian, yang menjadi catatan.


Sebagai tambahan, kalau anda mau melihat tulisan-tulisan berdasarkan bulan dan tahun, cara yang hampir sama bisa dipakai. Anda bisa menambahkan “/date/'tahun'/'bulan'”. Misalnya untuk Juni 2013, menjadi “/date/2013/06”.

Contohnya : http://www.kompasiana.com/tjiptadinataeffendi21may43/date/2013/06/

Semoga ini bisa membantu dalam membaca.

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun