Mohon tunggu...
Apriliani PutriShalsabilla
Apriliani PutriShalsabilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nama saya Apriliani Putri Shalsabilla, biasa orang memanggil april atau prili. Zodiak saya taurus, saya lahir 23 april 2003 di Grobogan Jawa Tengah. Memiliki minat yang cukup tinggi akan buku dan melukis, suka memotret dan menulis. Beharap dapat menjadi bagan dari manusia yang berhasil nantinya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Analisa Produk Milo pada Pandangan IMC

1 Juli 2023   10:33 Diperbarui: 9 Juli 2023   14:47 2889
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

IMC menurut American Marketing Assosiation adalah sebuah Proses perencanaan yang dirancang untuk memastikan bahwa semua kotak merek (Brand Contact) yang diterima oleh pelanggan atau prospek untuk suatu produk, layanan atau organisasi relevan dengan orang itu dan konsisten dari waktu ke waktu. Atau sebuah koordinasi dan perencanaan yang dilakukan oleh banyak elemen pemasaran agar menjadi satu suara sehingga tercapai penyampaian pesan yang maximal.

Menurut Wikipedia Milo adalah sebuah merek minuman dengan rasa cokelat dan malt. Minuman ini diproduksi oleh Nestlé, minuman ini sebenarnya berasal dari Australia namun saat ini sudah diproduksi di berbagai negara.

Target audience dari milo yang selama ini sudah kami amati adalah masyarakat luas, khususnya pelajar-pelajar dan remaja. Mahasiswa dan pegawai muda dan olahragawan juga cukup meminati minuman Milo ini. Anak anak muda dan remaja menjadi target utama dalam pemasaran dan distribusinya karena memiliki sifat dinamis yang ceria dan bersemangat serta suka mencoba hal-hal baru.

Dalam kegiatan komunikasi pemasarannya, Milo melakukan dan menggunakan berbagai cara. Menentukan target audience, evaluasi dan tools tools lainnya. Seperti advertising atau periklanan, Iklan-iklan  yang ditayangkan oleh milo melalui berbagai media memiliki versi yang berbeda-beda tetapi di dalam iklan tersebut memiliki pesan dan makna yang sama, mengandung keceriaan dan semangat untuk menjalani hari. Iklan yang dibuat berbagai versi tentunnya akan menarik banyak minat dari kalangan yang menontonnya, memperbari dan menambah nilai dari setiap pembaruan iklan. Dalam iklan susu milo terdapat beberapa contoh dari kemasan produk, kandungan dan bahan dari susu milo dan lain sebagainya. Juga storyline yang menarik sehingga membuat konsumen mengenathui dan tertarik akan produk milo.

Bukan hanya lewat iklan, milo juga menggunakan melakukan komunikasi pemasaran dengan berbagai tools lainnya. Seperti sales promotions yang biasanya memberikan sebuah sampling produk gratis atau susu gratis yang diberikan secara cuma-cuma menggunakan foodtruck lalu diberikan satu gelas ke anak-anak, kegiatan ini biasanya diberikan dan diadakan di sekolah-sekolah. Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk menarik minat anak-anak terhadap produk milo atau tawaran bundling produk yang menarik diberbagai mall atau tempat festival. Milo juga melakukan marketing communications mengguanakn sponsorship yang biasanya dilakukan atau diadakan oleh event-event  tertentu seperti pekan olahraga, event music dan event sekolah.


Lalu packaging, produk milo ini memiliki berbagai versi, ada bubuk, cair, siap minum, kaleng, dus dan lain sebagainya. Dari berbagai versi produk, setiap kemasan yang ada tentunya memiliki ciri khas tersendiri, contohnya adalah kemasan milo kotak siap minum yang sudah memperbarui kemasannya. Menggunakan sedotan yang ramah lingkungan menjadikan salah satu aspek penting yang bisa mempengaruhi perilaku dan minat konsumen. Dalam kemasan milo juga terdapat kandungan gizi, susu, coklat dan lain sebagainya, bukan hanya kandungan dan bahan terdapat pula cara utuk membuat susu milo tersebut. Dibeberapa kemasan yang mengandung berbagai versi juga terdapa kemasan limited dimana kemasan tersebt berkolaborasi dengan beberapa atlet sehingga hal tersebut juga dapat menarik minat para konsumen.

Marketing Communications yang dilakukan oleh Milo ini menurut saya cukup detail. Dari berbagai aspek yang dilakukan oleh Milo banyak hal-hal yang berhasil meningkatkan perilaku dan minat beli para konsumen. Bukan hanya meningkatkan penjualan, tetapi layanan dan brand image milo pun bisa berkembang karena memiliki marketing communcations yang cukup bagus dan mendetail. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun