Dalam era digitak yang terus berkembang, TikTok telah muncul sebagai fenomena yang mengubah paradigma di dunia media social. Platfron yang di dirikan pada tahun 2016 oleh perusahaan China, ByteDance ini telah menjadi daya Tarik utama bagi Generasi Z. Dengan pertumbuhan yang cepat, TikTok telah meraih popularitas yang luar biasa di kalangan pengguna yang lebih mudah. TikTok  tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga berkontribusi pada pembentukan tren budaya. Penelitian yang dilakukan oleh Journal of Social Media Studies menyebutkan platfrom ini memiliki kemampuan untuk menciptakan tren yang kemudian menambah ke dunia nyata.
Tiktok telah menjadi salah satu platfrom hiburan igital yang sangat popular di Indonesia, mungkin tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh negara lainnya. Namun, selain sebagai bersenang-senang, TikTok juga memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan UMKM. TikTok telah membantu ribuan UMKM di Indonesia untuk melakukan digitalisasi dan mencapai kesuksesan yang lebih besar
Keuntungan menggunakan Tiktok cukup banyak dari segi jangkauan audiens yang luas dapat meningkatkan penjualan produk melalui video yang menarik dan kreatif dari video tersbut dapat menarik perhatian pengguna TikTok dan mendorong keinginan mereka untuk membeli produk. Tiktok juga mmenawarkan beragam fitur kreatif. Melalui komentar, like, dan berbagi video dapat memungkinkan UMKM untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka secara real-time dan dapat mengetahui kebutuhan pelanggan.
Makan dari itu kami memilih TikTok sebagai pemasaran produk dari UMKM "Griya Kopi Katinden" dikarenakan digitalisasi UMKM melalui Tiktok adalah Langkah yang cerdas dan efektif untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan kehadiran online. Melalui contoh-contoh UMKM yang sukses, kita dapat melibatkan bagaimana TikTok telah membantu mereka dalam mencapai Tingkat visibilitas yang tinggi, menarik perhatian target pasar, dan menghasilkan peningkatan penjualan yang signifikan. Penggunaan strategi yang tepat seperti penggunaan konten yang menarik, penggunaan hastag relevan, dan dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran melalui platfrom TikTok.
Namun, penting juga untuk diingat bahwa kesuksesan dalam digitalisasi melalui TikTok tidak terjadi dengan sendirinya. UMKM perlu memiliki pemahaman yang baik tentang audiens target, tren yang sedang berlangsung, dan gaya konten yang efektif di platform ini. Selain itu, konsistensi, kreativitas, dan kesadaran akan keamanan dan privasi pengguna juga menjadi faktor penting dalam membangun kehadiran yang sukses di TikTok.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H