Mohon tunggu...
Apridhan Arga Khairi
Apridhan Arga Khairi Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Bercita-cita menjadi musisi, penulis, dan budayawan, namun tak cukup peka dan cerdas dalam merasakan dan menerjemahkan sesuatu.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

I Draw Me

8 April 2012   19:28 Diperbarui: 25 Juni 2015   06:52 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hidup di kota kecil tidaklah semudah dibayangkan. Bukan soal biaya hidup, bukan pula soal mencari peluang kerja, tetapi masalah terlalu banyaknya orang yang ingin menjadi bagian dari hidup kita. Setiap orang yang mengenal kita berlomba-lomba untuk mempunyai andil dalam kesuksesan yang nantinya kita raih. Setiap orang beradu-pacu mengatakan bahwa atas dirinyalah saya berhasil. Setiap orang bersemangat untuk mendukung kita, untuk terus memacu kita berbuat sesuatu yang nantinya akan mereka banggakan. Dan setiap orang ini jugalah yang nantinya akan berpaling ketika kita terjatuh-jerembab. Dan setiap orang ini pulalah yang akan bergunjing ketika kita menjadi seseorang yang tidak mereka harapkan. Ketika saat SMA berat badan saya menurun tajam, di kota kecil ini setiap orang berpikir saya memakai narkoba. Dan pula saat kuliah berat badan saya kembali semula, mereka bergunjing saya tidak pernah kuliah. Lalu APA!? Pun ketika saya memutuskan untuk mengambil jurusan Ilmu Sejarah dan meninggalkan Akuntansi yang telah berjalan setahun, tak ada satu pun kebaikan yang keluar saat mereka bersicerita. Ah, terlalu absurd! Entah apa yang dikata kalau mudik nanti saya telah bertaubat untuk meneladani hidup Nabi dan terus memakai pakaian muslim. NII-kah saya? Teroris-kah saya? Saya lelah untuk terus mengikuti apa yang orang lain gunjingkan. Saya lelah untuk terus menjadi apa yang orang lain inginkan. Toh, selama ini saya merasa tidak pernah melakukan hal-hal di luar batas kenormaan yang berlaku di kota kecil ini. Kenakalan dan kebengalan sebagai anak kecil maupun remaja, pun masih dalam lingkup sewajarnya. Lalu mengapa masih saja bergunjing dan memberatkan jalan saya untuk menuju salah satu impian hidup yang teramat mulia?

Ebiet G. Ade - Isyu

Kalau saja mereka tidak punya anak sendiri dan bersedia membiayai hidup saya seperti halnya orang tua kandung saya selama ini, silahkan lempar tanggung jawab beserta IMPIAN dan HARAPAN mereka ke pundak saya: saya siap menjadi seorang yang kalian inginkan! Tapi saya mempunyai kehidupan sendiri. Saya mempunyai prinsip, impian, dan cita-cita yang sulit diterima oleh orang kebanyakan di kota ini. Dan saya pun mencapai satu kesimpulan yang sangat klise: Bila kita terus memikirkan dan berusaha untuk menjadi apa yang orang lain inginkan, maka kita akan habis dan menjadi orang lain. Kita mati. Kita hanyalah tokoh dalam cerita hidup kita sendiri. Menyedihkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun