Mohon tunggu...
Apriani Dinni
Apriani Dinni Mohon Tunggu... Guru - Rimbawati

Biarkan penaku menari dengan tarian khasnya, jangan pernah bungkam tarian penaku karena aku akan binasa secara perlahan

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Menjadi Pemimpin Ideal, Tidak Semudah Membalikkan Telapak Tangan

10 Juni 2020   16:23 Diperbarui: 10 Juni 2020   16:50 302
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ada istilah jangan takut untuk bermimpi. Memang benar istilah itu, karena saya menjadi guru berprestasi dan menjadi petugas upacara untuk peringatan hari  besar seperti HUT PGRI dan Hari Pendidikan Nasional , yang diadakan pemerintah  Kota Cirebon,  berawal dari mimpi dan semua menjadi kenyataan.

Hanya satu yang tidak pernah saya impikan dan saya bayangkan, yaitu menjadi Manajer Sekolah alias Kepala Sekolah, sampai pelantikanpun saya masih belum percaya, saya ikut tes karena diminta dan sedikit dipaksa  oleh Pengawas Bina dan Kepala Sekolah tempat saya mengajar, dengan alasan karena saya pernah menjadi juara pertama  guru berprestasi tingkat Kota Cirebon. Dan niat awal saya ikut seleksi Calon Kepala Sekolah hanya untuk menggugurkan kewajiban saja. Untung-untungan saja, lolos alhamdulillah tidak juga tidak masalah.

Meski hanya untuk menggugurkan kewajiban, tapi selama mengikuti seleksi Calon Kepala Sekolah, saya ikuti dengan serius  tahap demi tahap seperti air yang mengalir tanpa beban, apalagi saya melihat  para kandidat yang lain lebih senior dan lebih berpengalaman, yang  usianya dekat dengan usia saya saja terpaut sepuluh tahun di atas saya. Bisa dibayangkan, saya seperti anak bawang yang ikut-ikutan seleksi Calon  Kepala Sekolah.

Melihat kandidat lain, banyak yang lebih pengalaman dari saya, itu membuat saya tenang, karena kalau gagalpun saya tidak malu dan bisa menjadi alasan buat saya ketika ditanya kenapa gagal seleksi Calon Kepala Sekolah, saya tinggal bilang, baru sekali ikut seleksi, usia paling muda, belum pengalaman, baru sepuluh tahun jadi PNS dan banyak alasan lain lagi. Hehehe ini pemikiran iseng saya saja, ketika melihat para kandidat yang sudah beberapa kali ikut seleksi Calon Kepala Sekolah, sedang saya, baru sekali itu ikut seleksi.

Tapi eiiiit, saya tidak mau kalah dengan konyol dalam artian tidak ada persiapan apa-apa. Istilahnya jika berperang kita harus siapkan senjata untuk berperang dan hadapi peperangan itu. Kalah menang urusan terakhir. Jujur saja banyak kandidat lain yang menyepelekan kemampuan saya tapi biarlah waktu yang akan menjawabnya.

Setelah tes Cakep alias Calon Kepala Sekolah dari pagi sampai sore yang menguras tenaga dan pikiran,  dan pengumuman lolos tidaknya langsung diumumkan hari itu juga, perasaan saya masih datar saja. 

Pikiran saya lolos berarti jadi Kepala Sekolah tidak lolos berarti ya  tetap jadi guru, sederhana kan? Tapi setelah diumumkan ternyata saya rangking dua, antara  senang  dan kecewa. 

Senangnya saya bisa mengalahkan diri sendiri dan kecewanya kenapa saya harus lolos, karena bermimpi saja tidak untuk menjadi seorang Kepala Sekolah dan jujur saja, saya merasa belum siap menjadi seorang pemimpin pada saat itu.

Mau tidak mau karena lolos seleksi malah rangking kedua dan harus menerima keputusan itu, saya terjun dan belajar menjadi seorang pemimpin yang ideal seperti apa, saya pelajari dan saya ingat-ingat para Kepala Sekolah yang pernah menjadi atasan saya, sebagian cara memimpinnya saya ambil. 

Saya juga mempelajari bagaimana menjadi seorang pemimpin dari ayah saya, kebetulan beliau pernah menjabat sebagai Wakil Walikota di sebuah kota perbatasan dengan Jakarta Selatan.

Saya dipercaya memegang sekolah di daerah pinggiran dengan murid sedikit, ini menjadi tantangan buat saya. Alhamdulillah dengan tertatih-tatih, sedikit demi sedikit sekolah saya banyak perubahan berkat kerjasama dengan guru-guru. Banyak tantangan yang saya hadapi yang manis dan yang pahit saya telan semua. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun