Evaluasi Program PAI
Salah satu metode untuk perbaikan sistem kenerja kependidikan adalah dengan cara evaluasi. Kegiatan evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui secara lebih mendalam tentang bagaimana pengaplikasian nilai-nilai yang didasarkan pada visi dan misi pendidikan tersebut, evaluasi lebih banyak diterapkan sebagai strategi atau cara untuk mengukur seberapa jauh keberhasilan pembelajaran. Secara umum ada tiga istilah yang berkaitan dengan evaluasi yaitu tes, pengukuran dan evaluasi (Tuti Tarwiyah, 2005:5).Â
Menurut Arikunto dalam buku dasar-dasar evaluasi pendidikan apabila dalam proses evaluasi hanya mementingkan evaluasi hasil belajar, nampaknya kurang komperhensif. Oleh karena itu, kita perlu membahas evaluasi program. Setiap kali kita mempunyai suatu program maka harus direncanakan secara matang sehingga program berjalan dengan lancar dan kita tidak kesulitan ketika menjalankan program tersebut. Dalam pendidikan sesuatu program perlu direncanakan dengan matang, karena menyangkut banyak aspek, ketika suatu program ada hambatan atau kendala maka banyak pihak-pihak yang dirugikan.Â
Untuk melihat tingkat keberhasilan program, selain itu program dapat diartikan sebagai rencana kegiatan yang direncanakan dengan sama-sama. Kemudian pengertian dari evaluasi program adalah kegiatan yang dimaksudkan untuk mengetahui berapa tinggi-rendahnya tingkat keberhasilan dari kegiatan yang direncanakan atau sebuah rancangan yang hendak dicapai dalam waktu tertentu. Sedangkan Pendidikan Islam merupakan bimbingan yang diberikan seseorang agar mereka dapat berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran Islam (Ramayulis, 2005:15).Â
Dari definisi diatas bisa diartikan evaluasi program pendidikan agama Islam adalah  sebuah rancangan atau kegiatan yang direncanakan untuk memberikan bimbingan terhadap seseorang agar ia menjadi orang yang berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran agama islam. Oleh karena itu kegiatan pendidikan perlu dievaluasi agar dapat diketahui apak kekurangannya, kekurangan tersebut dapat dipertimbangkan untuk pelaksanaan pendidikan dikemudian hari agar dijadikan rujukan supaya KBM menjadi optimal dan lebih baik.Â
Sebelum melaksanakan evaluasi program pendidikan agam Islam kita harus mengetahui tujuan evaluasi tersebut.
1. Tujuan pendidikan nasionalÂ
   Tujuan pendidikan nasional merupakan tujuan umum yang harus dicapai oleh seluruh bangsa Indonesia.Â
2. Tujuan pendidikan institusional
   Tujuan pendidikan institusional adalah tujuan pendidikan secara formal yang dirumuskan oleh lembaga-lembaga pendidikan. Diantaranya SD, SMP dan SMA untuk menghasilkan lulusan -lulisan terbaik dan bisa mengembangkan pengetahuan untuk mendapatkan ketahanan dan keberhasilan dalam dunia pendidikan.Â
Dapat diambil kesimpulan evaluasi program pendidikan agama Islam sangat berperan dalam dunia pendidikan dalam meningkatkan kualitas diri kita dan bisa menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.Â